China Dan Spanyol Rebut Satu Tiket Sisa Ke 16 Besar

Bengkel Sarjana -

loading...

LE HAVRE - China memang tidak pernah menjadi juara di Piala Dunia Wanita. Prestasi terbaik mereka ialah menjadi runner up pada edisi 1999. Tapi, satu yang pasti, mereka mempunyai catatan selalu lolos dari fase grup setiap berpartisipasi di babak utama. Sejak Piala Dunia Wanita digulirkan pada 1991, tim berjuluk Kengqiang Meigui itu hanya sekali absen, yaitu pada 2011.

Bengkel Sarjana -

Selebihnya, mereka selalu tampil di babak utama. Penampilan China di babak utama juga terbilang menjanjikan. Mereka tidak saja berhasil melewati fase grup, tapi juga melewati babak 16 besar. Tahun ini mereka kembali diuji. Berada di Grup A, tim asuhan Jia Xiuquan itu sekarang harus bersaing dengan Spanyol untuk memperebutkan satu tiket sisa ke 16 besar.

Bengkel Sarjana -

Satu tiket sudah niscaya menjadi milik dari Jerman. China mempunyai 3 poin, sama dengan Spanyol, hanya kalah agregat gol. Satu kemenangan China didapatkan atas Afrika Selatan. Di Stade Oceane, nanti malam, rekor China di Piala Dunia Wanita akan mendapat tantangan. Apakah mereka bisa ke babak 16 besar atau justru untuk kali pertama gagal melewati fase grup.

Bengkel Sarjana -

Baca Juga:

Bengkel Sarjana -

Pelatih China Jia Xiuquan menganggap timnya layak bersaing dengan Spanyol. Kelayakan itu terlihat ketika menyudahi torehan negatif. “Keinginan mereka untuk menang telah menciptakan ini menjadi momen terkesan dalam setahun terakhir. Saya sangat tersentuh. Ini telah memberi aku keberanian untuk memimpin mereka,” ungkap Xiuquan dilansir reuters.

Bengkel Sarjana -

Dengan dua tim teratas dari masing-masing grup secara otomatis lolos ke babak sistem gugur bersama empat tim terbaik yang berada di posisi ketiga turnamen, maka semangat China semakin berkobar. China akan otomatis maju ke babak 16 besar bila mereka mengalahkan Spanyol.

Bengkel Sarjana -

Kendati demikian, Xiuquan segalanya gres dimulai dan menyampaikan timnya akan pergi ke tubruk sebagai underdog. Tetapi, ia berjanji bahwa China bakal memperlihatkan kejutan sekaligus membuka kans menjuarai Piala Dunia Wanita untuk pertama kalinya. Xiuquan akan mengandalkan komposisi terbaiknya.

Bengkel Sarjana -

Pencetak gol semata wayang ke gawang Afrika Selatan, Li Ying diduetkan dengan Wang Shanshan sebagai juru gedor. Sedangkan Wu Haiyan dan Lin Yuping menjaga sektor pertahanan. “Spanyol terperinci lebih berpengaruh dari kami sehingga kami bisa bermain tanpa tekanan berarti. Saya berharap para pemain bisa memperlihatkan potensi maksi mal dan bisa mengeksekusi taktik pertandingan dengan baik,” ujarnya.

Bengkel Sarjana -

Bila China sedang menanjak, Spanyol justru sebaliknya. Kekalahan 0-1 dari Jerman, Rabu (12/6), mengindikasikan inkonsistensi tim berjuluk La Roja tersebut. Apabila kembali menuai hasil buruk, kans Spanyol lolos ke babak 16 besar Piala Dunia perempuan 2019 bisa terancam. Mereka pun harus berjuang keras menjadi satu dari empat tim posisi ketiga terbaik dari enam grup guna mengamankan tiket babak 16 besar.

Bengkel Sarjana -

Pelatih Jorge Vilda menilai Spanyol tetap berada di jalur tepat. Vilda mengungkapkan timnya memperlihatkan permainan baik ketika melawan Jerman dan hanya kurang beruntung alasannya kesalahan sendiri yang berakibat fatal. Vilda yakin bila bisa meminimalisasikan kesalahan, Spanyol bisa mengatasi China dan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia Wanita 2019.

Bengkel Sarjana -

Terlebih dalam dua pertemuan terakhir tubruk persahabatan, La Roja selalu menang atas China. “Sekarang, kami hanya perlu fokus untuk menghadapi China. Kami harus menyikapi sesuatunya dengan tenang, tidak perlu panik. Kami belum pernah sedekat ini sebelumnya. Setiap harinya, kami selalu melangkah ke depan,” katanya.

Bengkel Sarjana -

(don)

Comments