Tikungan Tusuk Konde Catalunya Yang Bawa Petaka

Bengkel Sarjana -

loading...

CATALUNYA - Keangkeran Sirkuit Catalunya kembali menghadirkan dongeng yang kurang mengenakkan bagi pembalap yang tampil di kejuaraan grand prix balap motor. Terbaru, penikmat MotoGP disuguhkan dengan tragedi yang melibatkan empat pembalap di tikungan 10, Minggu (16/6/2019).

Bengkel Sarjana -

Jorge Lorenzo menjadi biang kerok dari kecelakaan beruntun yang memaksa tiga pembalap lain yakni Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, dan Valentino Rossi gagal menuntaskan balapan pada seri ketujuh MotoGP demam isu ini. "Mungkin aku terlalu bersemangat. Mengetahui bahwa aku merasa baik dan aku hanya merasa sanggup lebih cepat dan lebih cepat. Pendapat aku ialah bahwa tikungan tusuk konde membuat gesekan ini dan kami melihat berkali-kali," sesal Lorenzo dikutip dari DailyStar.

Bengkel Sarjana -

Baca Juga:

Bengkel Sarjana -

Tikungan 10 atau kerap biasa dikenal dengan sebutan tikungan tusuk konde merupakan hal terberat yang harus diwaspadai pembalap. Sejak FIA melaksanakan perubahan tata letak pada 2019 lalu, para joki di kelas utama harus memerhitungkan untuk melaksanakan penurunan kecepatan dari 267 km/jam ke 62 km/jam dengan jarak 220 meter atau sekitar 5,1 detik waktu pengereman.

Bengkel Sarjana -

Di waktu yang sama, tekanan yang diberikan pada tuas rem mencapai 6,4 kg. Dengan kata lain, problem pengereman menjadi kunci pembalap untuk menaklukan tikungan 10. Sayangnya, Lorenzo dikala itu salah membuat perhitungan dalam melaksanakan pengereman sehingga dia kehilangan keseimbangan dan menabrak tiga pembalap lain, yakni Dovizioso, Vinales, dan Rossi.

Bengkel Sarjana -

"Kami hanya perlu memahami sebanyak mungkin bahwa hari ini aku tidak menyadari, mengingat atau memperhatikan bahwa terutama di tikungan pertama, lebih baik untuk sedikit lebih berhati-hati di tikungan. Ini kesalahanku."

Bengkel Sarjana -

(bbk)

Comments