Fungsi Magnetic Clutch Ac Mobil

Magnetic clutch work - didalam sistem AC kendaraan beroda empat tentu terdapat banyak sekali komponen pendukung mulai dari kompressor, kondensator, kipas pendinginan, katup espansi, driyer, evaporator dan lain lain biar sanggup membuat hawa sejuk didalam ruang kabin. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas fungsi khusus dari salah satu komponen sistem pendinginan yang disebut dengan Magnetic clutch yang biasanya sering mengalami kerusakan berupa macet, suara mencicit atau bahkan sama sekali tidak berfungsi alias los.

AC kendaraan beroda empat tentu terdapat banyak sekali komponen Fungsi Magnetic Clutch AC Mobil


Fungsi magnetic clutch

Komponen magnetic lutch ini bersahabat kaitannya dengan sistem AC maupun sistem otomatis elektrik lainnya. Fungsi utama dari magnetic clutch atau elektrical clutch ini ialah sebagai saklar pemutus dan penyambung otomatis putaran antara "pulley AC" dengan "As kompressor AC" yang diputar oleh drive belt, tentunya melalui banyak sekali sensor yang terpasang pada sistem AC mobil.


Terdapat tiga komponen utama pada sistem magnetic clutch ibarat yang terlihat pada gambar diatas yaitu "Clutch plate", "pulley AC" serta "clutch coil/ spull".

Cara kerja magnetic clutch

Bagian pulley ini akan berputar secara kontinue/terus menerus tanpa henti alasannya potongan ini dihubungkan eksklusif dengan putaran pulley crankshaf oleh Vbelt. Saat Ac kendaraan beroda empat di "ON" kan, spull akan teraliri listrik yang selanjutnya membuat potongan ini menjadi medan magnetik. Selanjutnya spull yang telah berkembang menjadi magnet ini kemudian akan menarik potongan Clutch plate sehingga antara "Clutch coil" dan "Clutch plate" akan menjepit pulley AC. Dengan begitu maka putaran dari pulley tadi akan diteruskan menuju ke poros kompressor sehingga kompressor sanggup bekerja.

Proses ini akan terjadi secara terus menerus dan otomatis melalui sensor thermistor AC yang biasanya terpasang di potongan evaporator AC mobil.

Kenapa harus putus - nyambung ?

Nah pertanyaan bagus, kompressor AC ini dibentuk on/off secara otomatis ini ditujukan biar mesin sanggup memperoleh performanya dengan baik, hemat materi bakar, serta kompressor AC sanggup berusia lebih panjang. Sebab ketika kompressor AC menyala maka mesin pun akan mendapat beban tambahan, dan jikalau mesin harus bekerja lebih berat, tentunya mesin harus mengkonsumsi lebih banyak materi bakar sehingga penggunaan BBM semakin meningkat.

Selain itu beban mesin yang selalu bekerja berat, akan membuat tenaga mesin menjadi loyo sehingga "kompressor AC" perlu di ON/OFF kan secara terencana untuk mencuri tenaga biar kendaraan beroda empat sanggup melaju dengan kencang.

Kerusakan yang biasa terjadi pada magnetic Clutch

Kerusakan yang umum terjadi pada komponen ini diantaranya ialah timbulnya suara mencicit jawaban keringnya potongan bearing, pulley macet total atau juga mengalami malfungsi berupa tidak bekerja nya potongan ini ketika AC kendaraan beroda empat dihidupkan. Beberapa kerusakan sanggup dilakukan perbaikan / servis, dan kadang juga tidak sanggup alias perlu diganti komponen baru.

Baca juga : Penyebab magnetic clutch AC cepat rusak





Comments