Cara Cas Aki Kering Paling Mudah

Cara cas aki kering - ibarat goresan pena kami yang kemudian mengenai "apakah aki kering dapat di cas" beberapa hari yang lalu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara yang praktis untuk mengecas aki kering yang mungkin saja drop atau hilang performanya akhir adanya problem di sistem pengisiannya.

Caranya sebenanya sangat praktis sekali, yang kita butuhkan hanyalah aki yang ngedrop serta alat khusus untuk mengecas aki.

Untuk mendapat alat ini kalian dapat mencarinya di pelapak online misal di bukalapak, disana banyak yang menjual alat semacam ini, model fitur dan harganya juga bervariasi. Ada yang hanya dapat dipake nge charger saja, ada pula yang mempunyai fitur autocut yang secara otomatis alat tersebut akan memotong pemikiran listrik bila aki sudah dalam kodisi full.

 ibarat goresan pena kami yang kemudian mengenai  Cara Cas Aki Kering Paling Mudah
Ilustrasi charger aki kering otomatis banyak sekali merk


Soal harga ada yang cuma sekitar 80 ribu an, ratusan ribu bahkan jutaan rupiah. Bagi yang ingin coba - coba kalian dapat beli yang harganya murah dulu, atau cukup pinjam ke teman yang mungkin saja mempunyai alat khusus charger semacam ini.

Atau kalian dapat juga beli modul DIY yang fungsinya hampir sama yakni modul step down 220v to 12v sekian ampere.

Cara mengecasnya juga tak kalah mudah, cukup kalian pasangkan capit charger ke kutub aki sesuai dengan warnanya. Biasanya warna hitam untuk kutub negatif, dan warna merah untuk kutub positif.
Setelah final tinggal tunggu hingga indikator lampu menyatakan baterai telah penuh atau sesudah alat charger melaksanakan auto cut off pengisian.

#Hal hal yang perlu diperhatikan.

Sebelum melaksanakan pengecasan sebaiknya perhatikan apakah aki tersebut hanya lobet, drop atau sudah benar - benar rusak. Karena sangat sayang bukan bila kita sudah beli alat cas, namun ternyata aki nya yang bermasalah?.

Perhatikan jenis aki yang mau di charger, aki basah, aki MF atau aki jenis jell. Untuk aki jenis jell biasanya bila jell didalamnya sudah benar - benar mengering artinya aki tersebut tidak lagi dapat di cas. Sedang aki type berair maupun MF jikalau memungkinkan masih dapat dipaksakan melalui fitur recondition melalui charger yang support.

Selanjutnya ialah alat charger nya, usahakan gunakan alat charger yang bagus, stabil voltase serta arusnya, mempunyai fitur autocut off lebih disarankan, alasannya ialah jikalau kita lupa mencabut charger, aki tidak mengalami kerusakan dalam bentuk overcharger.

Baca juga : Pilih aki kering atau berair ? jangan hingga salah pilih loh

Nah bagaimana cukup praktis bukan untuk melaksanakan cas aki kering yang mungkin saja rusak, sowak atau lowbatt, Semoga bermanfaat.


Comments