Ban Kendaraan Beroda Empat Benjol, Begini Cara Menghindarinya

Atasi ban kendaraan beroda empat benjol - ban kendaraan beroda empat yang bengkak tentu akan menciptakan kita jadi tidak nyaman. Pasalnya selain rasanya tidak yummy dipakai, bikin setir kendaraan beroda empat nyendal maupun body goyang, juga menciptakan kita jadi was - was bila ban pecah dijalan.Lalu kenapa sih kok ban kendaraan beroda empat bisa bengkak menyerupai itu ?

Jawabnya bisa beragam, mulai dari kualitas ban yang buruk, tekanan ban yang kurang diperhatikan, usia pemakaian ban, hingga dengan cara si pengemudi dalam membawa kendaraannya.

Biasanya ban kendaraan beroda empat yang bengkak berafiliasi dengan kedua hal diatas yakni tekanan ban yang tidak sesuai, serta cara kita mengemudi yang kurang bagus.Ban yang diisi angin dengan tekanan kurang maupun berlebih bisa mengakibatkan ban jadi benjol. Tekanan angin yang kurang bisa mengakibatkan ban bengkak di pecahan samping ban ( sidewall ), khususnya jikalau angin ban kurang dan ban dipake membentur lubang di jalan, otomatis pecahan dinding ban akan tergencet bibir velg yang menimbulkan lapisan samping ban terpisah dan melembung.

 ban kendaraan beroda empat yang bengkak tentu akan menciptakan kita jadi tidak nyaman Ban Mobil Benjol, Begini Cara Menghindarinya
Contoh rating tekanan maksimal ban ( max pressure rating )

Begitu pun jikalau ban dipompa dengan tekanan juga bisa menimbulkan ban menjadi benjol,benjol ini khususnya terjadi di pecahan telapak ban nya. Biasanya nanti akan berefek setir terasa menyerupai nyendal jikalau ban yang bengkak berada di depan. Serta body kendaraan beroda empat akan terasa goyang jikalau ban yang bengkak ada di pecahan belakang.

Tips menghindari biar ban kendaraan beroda empat tidak benjol


Untuk menghindari biar ban kendaraan beroda empat infinit serta tidak gampang bengkak cukup mudah, yang pertama ialah dengan memompa ban sesuai dengan tekanan idealnya. Biasanya untuk kendaraan beroda empat passenger tekanan ban antara 32 hingga 34 PSI. Sedangkan untuk sedan bisa lebih rendah yakni sekitar 28 hingga 32 PSI.

Mengisi angin lebih rendah dari tekanan ideal diatas selain ban rawan bengkak samping, juga rawan aus dibagian sisi luar + sisi dalam sekaligus.Terkadang dikala akan mengangkut beban berlebih, kita akan menambahkan tekanan angin bukan ? Hal ini boleh saja lantaran semakin banyak penumpang tekanan angin memang harus ditambah biar tidak kekurangan angin.

Namun kalian harus memperhatikan kemampuan ban tadi dalam menampung tekanan.Usahakan jangan memompa ban melebihi kemampuannya dalam menahan tekanan dari dalam, lantaran jikalau melebihi kemampuan dan ban menghantam lubang akan berakibat bengkak di pecahan telapaknya.


Untuk mengetahui seberapa berpengaruh ban dipompa  kalian bisa mengecek isu yang tercetak di pecahan dinding ban. Biasanya tercetak dengan aksara yang tidak mengecewakan kecil yang bertuliskan "max pressure" atau "max press", lihat referensi gambar di awal artikel diatas.

Baca juga : Penyebab setir kendaraan beroda empat bergetar di kecepatan tinggi

Oh iya perhatikan pula kemampuan ban dalam memikul beban ya, indikatornya juga ada di pecahan dinding ban yang bertuliskan "max load" atau sejenisnya.Max load ini berisi isu seberapa berpengaruh sebuah ban menampung beban.

Sebagai referensi sebuah ban tertulis Max load sebesar 600kg, maka sebuah kendaraan beroda empat dengan 4 buah ban bisa menopang berat sebanyak 4 x 600kg= 2.4 ton. Jika kendaraan beroda empat katakanlah Kijang Innova mempunyai berat 1.665 kg, sisa muatan yang bisa diangkut oleh ban ini baik penumpang + barang totalnya ialah sekitar 2.400 kg - 1665 kg = 735 kg.

#Cara hitung bagasi mobil

Nah dengan mengetahui berapa berat beban yang bisa diangkut oleh ban tersebut diatas, kalian bisa dengan gampang menghitung seberapa berat barang bawaan sesudah kalian kurangi berat penumpangnya.

Katakanlah kalian membawa 4 penumpang dengan berat per orang sekitar 70kg an. Maka berat ke 4 orang tadi totalnya ialah 280kg. Maka bagasi yang bisa kalian bawa dengan ban tersebut maksimalnya ialah 735 - 280 = 455 kg an.

Baca juga : Nih batas kondusif jumlah tambalan ban tubeless

Nah bagaimana semoga isu diatas bisa mempunyai kegunaan buat kalian yang mungkin belum tahu mengenai penyebab ban kendaraan beroda empat benjol, tips menghindari biar ban kendaraan beroda empat tidak benjol, serta bonus cara menghitung kemampuan ban dalam mengangkut beban penumpang & bagasi.



Comments