Tips Merawat Mesin Diesel Biar Selalu Prima

Tips cara merawat kendaraan beroda empat bermesin diesel - bagi pemilik dan pecinta kendaraan beroda empat bermesin diesel, khususnya mesin diesel usang menyerupai yang ada pada kendaraan Isuzu Panther atau yang seumurannya memang perlu melaksanakan perawatan yang lebih intensif dibandingkan dengan kendaraan beroda empat diesel keluaran terbaru yang telah diselipkan banyak sekali kecanggihan yang ada.

Karena hal ini pula lah kendaraan diesel jadul ini mulai ditinggalkan, banyak para mengguna kendaraan lebih menentukan kendaraan beroda empat bermesin bensin yang dirasa lebih nyaman dan bebas dari getaran, ataupun kendaraan beroda empat matic yang sedang ngetren ketika ini.

 bagi pemilik dan pecinta kendaraan beroda empat bermesin diesel Tips Merawat Mesin Diesel Agar Selalu Prima

Nah buat kalian yang masih memiliki, menyimpan dan memakai kendaraan beroda empat diesel model lama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatannya lantaran perawatan kendaraan beroda empat bermesin diesel tidak mengecewakan lebih ribet, biar kondisi mesin diesel anda selalu prima, jangan lupakan beberapa hal dibawah ini :


TIPS CARA MERAWAT MOBIL MESIN DIESEL


Rutin membersihkan saringan udara

Karena kendaraan beroda empat bermesin diesel ini mempunyai tingkat kompresi yang jauh lebih tinggi dibandingkan kendaraan beroda empat bermesin bensin, menciptakan kondisi saringan udara untuk kendaraan beroda empat bermesin diesel ini lebih gampang kotor, terutama kotoran yang berupa debu ataupun partikel kecil menyerupai pasir yang terhisap masuk dan terjaring didalam saringan udara. Pastikan anda selalu rutin membersihkan pecahan saringan udara ini dengan memakai semprotan udara bertekanan tinggi untuk merontokkan debu yang menempel. Usahakan juga rutin melaksanakan penggantian saringan udara bila kondisinya sudah sangat buruk, ditandai dengan menghitamnya komponen filter udara dan sudah tidak sanggup disemprot dan diberisihkan lagi. Biasanya penggantian saringan udara ini dilakukan tiap 15.000 km sekali, atau lebih cepat tergantung kondisinya.

Baca juga : Inilah alasan kenapa kendaraan beroda empat diesel wajib kuras tangki solar

Rutin mengganti filter materi bakar

Kondisi materi bakar yang beredar di indonesia ini kualitasnya jauh berbeda dengan materi bakar yang dijual di luar negeri. Didalam negeri, materi bakar solar ini masih banyak mengandung molekul air dan juga kerak atau jelaga sehingga sanggup menciptakan saringan materi bakar cepat sekali kotor. Jika sudah demikian maka suplay solar kedalam ruang bakar akan tergangu dan menciptakan kinerja mesin diesel anda bermasalah. Oleh lantaran itu rutin lakukan penggantian saringan materi bakar solar sesuai dengan yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan beroda empat yang bersangkutan. Biasanya penggantian fuel filter ini disarankan setiap kendaraan menempuh jarak 10.000Km walaupun filter belum kotor kotor amat. Mencegah justru lebih baik bukan ? Atau bila anda tidak mempunyai dana yang cukup sanggup melepas dan membersihkan filter solar dengan cara memukul mukul dan mengeluarkan solar yang bercampur kotoran dari dalam fuel filter ( tidak disarankan ).

Rutin membersihkan water sedimenter

Fungsi dari water sedimenter atau water separator ini ialah untuk memisahkan kandungan air yang ada didalam materi bakar biar tidak ikut masuk kedalam ruang bakar sehingga menjadikan kerusakan. Biasanya bila kandungan air yang ada pada tabung sedimentor ini sudah penuh atau banyak, maka lampu indikator materi bakar akan menyala. Untuk kendaan diesel model gres saringan materi bakar akan menjadi satu dengan tabung sedimenter ini, sehingga proses pembersihannya lebih mudah. Untuk mengeluarkan kandungan air kita sanggup membuka sumbat drain cock atau sumbat penguras, dan untuk membersihkan tabung sedimenter dari kerak dan jelaga / residu materi bakar solar, kita harus membongkarnya terlebih dahulu, gres kemudian dibersihkan dan dirakit kembali. Pembersihan tabung water sedimenter ini juga sebaiknya dilakukan tiap kendaraan menempuh jarak per 10.000Km, atau lebih cepat juga lebih baik lagi.

Rutin melaksanakan penggantian oli mesin

Untuk kendaraan bermesin diesel jadul menyerupai kijang kapsul ataupun isuzu panther, sangat disarankan untuk rutin mengganti oli mesin setiap kendaraan beroda empat telah menempuh jarak 5.000km. Hal ini bukan tanpa alasan lantaran rasio kompresi dari mesin diesel ini sangat tinggi, maka menciptakan oli mesin ini gampang sekali kotor. Pastikan juga anda memakai oli yang dikhususkan untuk kendaraan beroda empat bermesin diesel, jangan hingga salah oli.

Rutin melaksanakan ganti saringan oli mesin

Biasanya paket perawatan kendaraan beroda empat ialah bila mengganti oli mesin, otomatis kita juga disarankan untuk mengganti saringan olinya. Sebab akan percuma bila kita memakai oli baru, namun kondisi filter oli nya masih kotor. Untuk yang tidak mempunyai banyak dana dan harus menekan biaya servis, anda sanggup mengganti saringan oli ini tiap 2 kali ganti oli mesin, namun memang sebaiknya setiap ganti oli mesin saringan olinya juga diganti.

Menggunakan materi bakar dengan angka cetane tinggi

Selain beberapa hal diatas, ada hal lain yang tidak kalah penting dalam melaksanakan perawatan mesin diesel biar kondisinya senantiasa prima yakni dalam hal pemilihan materi bakar solar yang mempunyai nilai cetane tinggi. Semakin tinggi nilai cetane, maka semakin gampang solar tersebut untuk dibakar sehingga sanggup meminimalisir suara ketukan dan kerusakan piston akhir terjadinya ketukan atau knocking tadi. Selain melihat angka cetane, perhatikan juga kandungan welirang yang ada didalam materi bakar tersebut, semakin rendah kandungan welirang maka semakin anggun materi bakar dipakai lantaran kandungan welirang tingi sanggup menjadikan kebuntuan pada kanal injektor solar. Untuk mengetahui lebih lengkap wacana apa itu cetane number atau angka cetane, silahkan baca melalui tautan dibawah ini.

Baca juga : Mengenal angka cetane pada materi bakar solar

Nah dengan kita selalu memperhatikan kondisi mesin kendaraan beroda empat yang memakai diesel ini, otomatis tingkat kerusakan yang lebih parah sanggup diminimalisir sehingga secara tidak eksklusif anda sanggup menghemat uang. Coba bayangkan bila anda tidak pernah melaksanakan kewajiban yang harus dilakukan menyerupai diatas, bila mesin kendaraan beroda empat rusak, biaya perbaikannya tentu saja sangat mahal. Semoga sedikit goresan pena diatas sanggup bermanfaat.

Baca juga : Tips atasi mesin panther masuk angin



Comments