Resiko Menutup Jalan Masuk Egr Turbocharger Dapat Rusak

Kerusakan turbocharger tanggapan menutup EGR - salah satu cara yang biasanya dilakukan oleh pemilik kendaraan bermesin diesel guna meningkatkan tenaga mesin yaitu dengan jalan menutup saluran EGR atau Engine Gas Recirculating, yakni sebuah saluran yang menyalurkan sisa gas buang untuk dikembalikan lagi kedalam ruang mesin untuk selanjutnya bakar lagi pada proses pembakaran selanjutnya.

Alasan kenapa orang lebih menentukan untuk menutup saluran EGR ini yaitu semoga udara panas yang dihasilkan dari sisa pembakaran tidak masuk lagi kedalam ruang mesin, mengingat udara ini masih sangat panas sehingga kalau dimasukkan kembali ke ruang mesin dan dikompresi, kompresi yang dihasilkan menjadi lemah dan tenaga mesin diesel menjadi loyo. Istilah untuk penutupan saluran EGR ini dikenal dengan istilah POWER UP MESIN DIESEL. Untuk penjelasannya akan kami sertakan link tutorial diakhir artikel.

Kerusakan turbocharger tanggapan menutup EGR Resiko Menutup Saluran EGR Turbocharger bisa rusak


Resiko menutup saluran EGR di mesin diesel

Melakukan power up mesin diesel dengan jalan menutup saluran EGR ini bukan tanpa resiko, bahkan resiko menutup saluran EGR ini bahkan sangat beresiko terhadap usia pakai mesin turbocharger. Alasannya yaitu saat kita menutup saluran EGR, maka gas sisa pembakaran ini tidak bisa kembali kedalam ruang mesin melalui intake, dan akhirnya gas sisa ini pribadi didistribusikan pribadi keluar melalui lubang knalpot mobil, sedangkan besarnya lubang knalpot dengan gas sisa yang di keluarkan tanggapan ditutupnya saluran EGR ini menjadi tidak seimbang.

Gas sisa lebih banyak dari kemampuan knalpot dalam membuang gas buang, kesannya yaitu naiknya tekanan gas buang didalam saluran turbocharger serta lebih meningkatnya suhu panas dari mesin turbocharger tanggapan menumpuknya udara panas dari dalam ruang bakar. Dan pada akhirnya hal ini lambat laun akan menciptakan mesin turbocharger menjadi cepat mengalami kerusakan, terutama pada bab turbin dan juga ring cartridge turbin yang menjadikan oli masuk kedalam ruang bakar dan malah juga mengganggu kinerja mesin diesel.

Lalu bagaimana cara menaikkan tenaga mesin selain menutup saluran EGR ?

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan tenaga atau power dari sebuah mesin yang salah satunya yaitu dengan memasang komponen intercooler pada perangkat turbocharger anda. Dengan adanya komponen intercooler ini, maka udara terkompresi yang dihisap dan didorong oleh mesin turbocharger kedalam ruang bakar menjadi lebih dingin. Hasilnya yaitu kompresi mesin menjadi lebih tinggi sehingga tenaga atau power yang dihasilkan oleh mesin menjadi meningkat. Untuk pembelian perangkat intercooler bisa kalian tanyakan di toko aksesoris dan modifikasi mesin di kota daerah anda tinggal.

Nah bagaimana ternyata menutup saluran EGR juga mempunyai resiko bukan ? Selain beresiko mempercepat kerusakan mesin turbo yang harganya sangat mahal itu, juga bisa mengganggu kinerja mesin mobil. Semoga goresan pena ini bisa memperlihatkan wawasan kepada anda mengenai efek yang ditimbulkan dari menutup saluran EGR pada mesin diesel, dan jangan lupa dibantu share :).

Untuk artikel lain yang berkaitan dengan tulian diatas bisa kalian baca juga melalui list dibawah ini.






Comments