Perbedaan Mesin Turbo Biasa Dan Turbo Intercooler

Turbo biasa VS turbo intercooler - turbo intercooler ialah salah satu varian dari desain mesin turbocharger. Antara turbocharger biasa dan turbocharger intercooler tentu mempunyai perbedaan yang sangat menonjol yakni ada dan tidaknya komponen intercooler yang bentuknya menyerupai mirip radiator, hanya saja fungsinya berbeda, intercooler hanya berfungsi untuk mendinginkan udara panas yang dihasilkan oleh mesin turbocharger sebelum dimasukkan kedalam intake manipol.

Dengan adanya komponen intercooler ini, maka udara yang telah didinginkan dan dimasukkan kedalam ruang bakar menciptakan kompresinya menjadi lebih padat lagi sehingga tenaga mesin yang dihasilkan jauh lebih besar dan lebih ekonomis materi bakar dibandingkan kendaraan yang menggunakan turbo biasa.

 turbo intercooler ialah salah satu varian dari desain mesin turbocharger Perbedaan Mesin Turbo Biasa Dan Turbo Intercooler


Perbedaan turbocharger dan turbocharger with intercooler

Karena adanya perbedaan komponen kit intercooler dalam struktur desainnya, membuatnya mempunyai perbedaan yang signifikan dibandingkan mesin turbocharger biasa yang diantaranya ialah sebagai berikut :

Udara yang masuk kedalam ruang bakar lebih hambar kalau menggunakan intercooler, sehingga udara yang dikompresi menjadi lebih padat.
Tenaga yang dihasilkan oleh mesin menjadi lebih bertenaga sebab tingginya tingkat kepadatan udara yang terkompresi didalam ruang bakar.
Bahan bakar menjadi lebih hemat lagi sebab point diatas, dimana dengan jumlah materi bakar yang sama, tenaga yang dihasilkan bisa berbeda dengan adanya komponen intercooler ini. Jika mesin turbo biasa bisa menghemat 15 hingga 30% materi bakar, maka dengan ditambahkan intercooler bisa mencapai 40% lebih efisiensi materi bakarnya.

Nah dari perbandingan diatas tentu turbocharger intercooler mempunyai keunggulan telak. Buat anda yang mobilnya masih menggunakan turbo biasa dan ingin menggunakan intercooler, bisa membeli perangkat kit intercooler yang banyak dijual di toko aksesoris kendaraan beroda empat khususnya aksesoris yang bekerjasama dengan speed. Untuk harga intercooler kit ini berbeda beda tergantung brand apa yang kalian beli. Dan tentu saja brand anggun kualitasnya juga tidak diragukan lagi.


Comments