Penyebab kompresi mesin bocor - pernahkah anda ketika berkendara dijalanan kemudian kemudian datang tiba kendaraan menjadi mogok dan mencoba menyalakan mesin namun tidak kunjung hidup jawaban kompresi didalam ruang mesin hilang ? Lalu apa sih penyebab kompresi didalam ruang mesin yang datang tiba hilang ?
Salah satu faktor yang sanggup menciptakan proses pembakaran didalam ruang bakar dan menciptakan mesin menjadi menyala atau hidup yaitu adanya kompresi atau tekanan udara yang dimampatkan didalam ruang bakar. Tanpa adanya kompresi ini menjadikan pembakaran didalam ruang mesin tidak terjadi sehingga berkali kali anda coba menyalakan mesin sudah niscaya mesin tersebut tidak sanggup menyala.
Kompresi mesin datang tiba hilang ini biasanya diakibatkan adanya kebocoran pada sistem kompresi itu sendiri di dalam ruang bakar. Setidaknya ada 5 hal yang sanggup menciptakan kompresi mesin bocor yang diantaranya yaitu sebagai berikut :
1. Adanya kerak menumpuk di klep
Mesin yang tidak dirawat dengan baik dan asal dalam penggunaan materi bakar menjadikan timbulnya kerak yang menumpuk didalam ruang bakar, terutama pada pecahan kepala piston dan di pecahan pinggir klep intake dan juga exhaust. Kerak yang melekat pada pecahan klep ini menciptakan klep tidak sanggup tertutup dengan tepat sehingga ketika mesin dinyalakan, kompresi udara didalam ruang mesin bocor alias ngowos dan kompresi mesin menjadi lemah. Lemahnya kompresi ini menjadikan gagalnya mesin kendaraan beroda empat menyala.Jika masalahnya hanya lantaran tumpukan kerak yang melekat pada pecahan bibir klep / valve, maka untuk mengatasi kebocoran kompresi mesin ini yaitu dengan cara melaksanakan pencucian kerak dan men skir ulang klep / valve biar presisi kembali dengan dudukannya.
Baca juga : Lakukan hal ini bila mesin datang tiba overheat dijalan
2. Adanya klep yang cacat / rusak
Karena saking banyaknya kerak yang melekat dibagian bibir klep baik intake maupun exshaust menjadikan klep tadi menjadi ringkih dan sanggup rusak atau rompal sehingga terlihat lubang yang menganga. Dan lantaran adanya lubang yang menganga inilah kompresi mesin menjadi lemah bahkan hilang. Klep yang rompal atau cacat parah tidak sanggup diperbaiki, dan satu satunya jalan ialah dengan mengganti klep yang rusak tadi dengan yang baru.3. Kerusakan ring piston dan ring oli piston
Untuk menciptakan ruang kedap udara, piston dilengkapi dengan beberapa ring melingkar dan juga ring oli. Terkadang ring ini sanggup rusak jawaban adanya oli yang mengendap dan menjadi gel sehingga ring ring ini tidak sanggup bergerak bebas alias lengket. Akibatnya ketika ring piston ini lengket, ketika terjadi pembakaran maka api sanggup menembus keluar melalui celah ring ini yang malah akan menciptakan oli yang menjadi gell tadi bermetamorfosis kerak oli yang semakin mengunci ring piston pada kondisi menutup. Dan ketika mesin dimatikan dan dinyalakan kembali, maka kompresi udara didalam ruang bakar menjadi bocor.Kebocoran yang diakibatkan lantaran ring piston tidak sanggup bekerja dengan baik jawaban rusak, maka anda perlu melaksanakan penggantian ring piston, dan juga wajib mengganti packing silinder head, lantaran ketika mengganti ring piston ini kita harus membuka kepala silinder, sedangkan packing kepala silinder ini bersifat sekali pakai, jikalau sudah dibongkar tidak sanggup dipakai kembali.
4. Kerusakan liner piston
Pada sebuah kontruksi ruang bakar terdapat sebuah komponen yang biasanya disebut dengan nama liner, yakni sebuah lapisan berbentuk tabung silinder daerah jalurnya piston bergerak naik dan turun. Mungkin lantaran faktor pemakaian atau faktor usia menciptakan komponen ini mengalami kerusakan, sanggup jadi terdapat retak ataupun diameter liner yang semakin membesar jawaban goresan dengan ring piston yang tidak terlumasi dengan baik. Karena liner ini diameternya membesar alias nggentong maka timbul celah atau gap yang memungkinkan udara keluar dari celah ini dan kompresi menjadi bocor.Untuk mengetahui kerusakan liner ini kita sanggup mendeteksinya dengan dua cara, pertama yaitu pengamatan visual guna mencari pecahan liner yang mengalami retak atau pecah, dan kedua menggunakan alat ukur khusus guna mengetahui kesamaan diameter liner antar pecahan atas, tengah dan juga bawah.
5. packing head cylinder bocor / bengkok
Pada sebuah mesin baik itu mesin kendaraan beroda empat ataupun motor terdapat dua pecahan utama yaitu blok mesin dan juga head cylinder. Dan kedua pecahan ini dirakit dengan penambahan packing biar tidak terjadi kebocoran baik itu kebocoran fluida radiator, oli ataupun kompresi. Jika pecahan packing ini sudah rusak maka sanggup menjadikan bocornya kompresi mesin sehingga membuatnya tidak sanggup dinyalakan kembali ketika mesin mati.Selain kebocoran packing silinder head, bengkoknya head cylinder ketika terjadi overheating ini akan menjadikan munculnya celah tipis antara kepala silinder, packing dan juga blog mesin sehingga kompresi mesin eksklusif bocor. Itulah sebabnya kenapa ketika mesin kendaraan beroda empat yang panasnya naik alias overheating kemudian mogok, akan sulit untuk di starter kembali jawaban hilangnya kompresi didalam ruang mesin.
Kasus kompresi yang bocor ini jarang sekali terjadi pada kendaraan yang benar benar dirawat dengan baik dan hanya terjadi pada kendaraan beroda empat atau motor yang salah dalam hal perawatannya, ibarat contohnya tidak menggunakan oli dan materi bakar sesuai yang dianjurkan, tidak memperhatikan kondisi sistem radiator mesin serta melaksanakan modifikasi pada ruang mesin yang garapannya tidak manis alias tidak presisi.
Baca juga : Cara meningkatkan tenaga mesin kendaraan
Untuk itu bila kalian ingin memodifikasi mesin sebaiknya dilakukan oleh tenaga hebat yang berpengalaman dan jangan terlalu ekstrim dalam mengoprek ruang mesin. Dan juga pastikan anda selalu rutin melaksanakan servis bersiklus meskipun masa garansi mesin sudah habis.
Comments
Post a Comment