Penyebab Ban Kendaraan Beroda Empat Lepas Dikala Dikendarai

Pengetahuan kendaraan beroda empat automotivexist - Apakah anda pernah melihat didalam gosip televisi atau melihatnya sendiri sebuah ban yang terpasang pada kendaraan beroda empat terlepas sehingga menimbulkan kendaraan beroda empat tersebut celaka ? Apakah anda ingin tau mengenai kenapa ban kendaraan beroda empat sanggup lepas menyerupai itu ? Nah pada kesempatan kali ini automotvexist.blogspot.com akan membagikan sedikit pengalaman mengenai beberapa penyebab kenapa ban kendaraan beroda empat sanggup terlepas sendiri ketika kendaraan beroda empat sedang digunakan.

Penyebab Ban Mobil Lepas

Setidaknya ada 3 faktor utama yang sanggup menimbulkan kenapa ban kendaraan beroda empat sanggup terlepas dari dudukannya, dan dari kesemua faktor ini ternyata yakni kelalaian dari manusia, dan dibawah ini yakni beberapa faktor yang menciptakan ban kendaraan beroda empat sanggup terlepas ketika dijalankan.

 Apakah anda pernah melihat didalam gosip televisi atau melihatnya sendiri sebuah ban yan Penyebab Ban Mobil Lepas Ketika Dikendarai
ilustrasi ban yang lepas dijalanan


1. Pemasangan mur roda kurang kencang

Kelalaian berupa kurang kencang ketika memasang mur roda yakni faktor terbesar dan terbanyak yang menciptakan ban sanggup terlepas ketika dijalankan. Kemungkinan hanya memasangnya dengan tangan, dilanjutkan dengan memakai kunci palang, dan ketika kendaraan beroda empat diturunkan dari posisi dongkrak mereka lupa untuk mengencangkan mur roda yang tadinya telah dirapatkan. Biasanya hal ini terjadi sesudah adanya pembongkaran ban, contohnya anda pernah servis kendaraan beroda empat dan beberapa ketika kemudian ban terlepas, sanggup jadi si mekanik lupa untuk mengencangkan mur roda. Untuk mengencangkan mur roda pun ada alat ukurnya yang biasa disebut dengan nama Torsion Bar / kunci moment. Dengan memakai alat ini kita sanggup mengukur secara tepat kekuatan momen dari baut yang kita keraskan. Terlalu kecil sanggup menimbulkan mur kendor dan kafe terlepas, terlalu kencang juga sanggup menciptakan ulir / drat dari mur roda menjadi dol / rusak.

Baca juga : Ini alasan menstarter dorong kendaraan beroda empat itu tidak merusak mesin

2. Pemasangan mur roda yang terlalu kencang

Terkadang ada orang yang stress berat melihat insiden ban kendaraan beroda empat yang terlepas dijalan raya sehingga ketika melaksanakan proses bongkar pasang, mereka memutar mur roda dengan kekuatan penuh dan beberapa malah memakai pipa besi panjang guna membantu pengerasannya. Padahal yang menyerupai ini juga akan berdampak buruk, baut roda yang diputar melebihi torsinya sanggup dengan gampang patah dan sanggup menciptakan roda roda kendaraan beroda empat terlepas. Ciri dari ban kendaraan beroda empat lepas tanggapan terlalu keras yakni seluruh mur rodanya patah. Agar tidak terjadi hal demikian sebaiknya ketika anda melaksanakan penggantian ban darurat dijalan raya, sebaiknya kencangkan mur secukupnya dan mampirlah ke bengkel untuk meminta pengecekan torsi dari mur ban tadi.

 Apakah anda pernah melihat didalam gosip televisi atau melihatnya sendiri sebuah ban yan Penyebab Ban Mobil Lepas Ketika Dikendarai
gambar seorang teknisi yang sedang mengencangkan mur roda memakai torsi / kunci momen


3. Menggunakan Spacer velg tanpa mengganti baut yang lebih panjang / adaptor


 Apakah anda pernah melihat didalam gosip televisi atau melihatnya sendiri sebuah ban yan Penyebab Ban Mobil Lepas Ketika Dikendarai
gambar atas spacer biasa, gambar bawah spacer adaptor


Ketika kita memodifikasi velg kendaraan beroda empat memakai velg aftermarket, sering kali kita harus menambahkan sebuah spacer guna menciptakan posisi velg agak keluar sehingga potongan dalam velg ini tidak kandas ketika kendaraan beroda empat digunakan belok. Bila baut roda anda panjang tidak jadi persoalan kalau ditambahkan spacer velg, namun bila ternyata baut rodanya pendek dan tidak dilakukan penggantian dengan baut roda yang lebih panjang maka secara otomatis mur roda tidak sanggup mengikat secara tepat ketika dipasang. Dan hal ini akan menciptakan ulir baut menjadi ambrol dan ban terlepas. Alternatif lain bila tidak mau mengganti baut roda dengan yang lebih panjang, kalian sanggup menggunaan spacer adaptor ketimbang spacer biasa.

Baca juga : Cara mengencangkan mur roda sendiri sesudah mengganti ban darurat

Nah bagaimana apakah anda sudah memahami penyebab kenapa roda kendaraan beroda empat sanggup terlepas dijalan raya ? Semoga anda tidak melaksanakan tindakan yang ceroboh ataupun meremehkan dalam mengganti ban kendaraan beroda empat sendiri. Perhatikan dengan seksama kekencangannya semoga tidak terlepas dikemudian hari. Semoga bermanfaat dan selamat malam.


Comments