Problem pada aki mobil - banyak sekali problem yang biasanya menimpa pada aki kendaraan beroda empat ini selain alasannya aki yang ngedrop, aki yang jamuran, air aki cepat habis, aki tekor yaitu alasannya mendidihnya air yang ada didalam sel aki mobil. Biasanya dikala aki kendaraan beroda empat anda mengalami hal ini, muncul asap dari yang berwarna bening menyerupai fatamorgana hingga asap putih dari dalam kap mesin dimana posisi aki berada.
Atau bahkan anda tidak mengetahuinya sama sekali dan tahu tahu air aki anda sudah habis isinya. Istilah teknis untuk menyebutkan kondisi air aki yang mendidih ini disebut dengan overheating aki.
Lalu apa sih penyebabnya kok sanggup aki kendaraan beroda empat ini datang tiba mendidih ? Penyebab air aki ini mendidih secara datang tiba ini tidak lain ialah dikarenakan adanya tegangan dan arus listrik yang terlalu berlebih yang masuk kedalam aki, dalam hal ini arus listrik yang dihasilkan oleh alternator mobil.
Seperti yang kita tahu semua bahwa komponen alternator yang ada didalam ruang mesin ini berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik yang nantinya listrik yang dihasilkan oleh komponen alternator ini dipakai untuk mencharger aki mobil, kemudian kemudian dipakai untuk menyuplay seluruh komponen kendaraan beroda empat yang membutuhkan energi listrik menyerupai sistem audio, sistem penerangan / lampu lampu dan juga sistem pembakaran di ruang mesin mobil.
Nah pada sebuah alternator terdapat komponen yang sangat penting yang mempunyai kegunaan untuk mengubah dan menstabilkan arus listrik dari tegangan bolak balik menjadi tegangan searah atau tegangan DC. Jika komponen ini hingga rusak, maka arus listrik yang dihasilkan oleh alternator tidak sanggup distabilkan tegangannya sehingga arus listrik yang masuk kedalam aki menjadi besar dan tak terkendali sehingga menimbulkan air didalam aki menjadi mendidih dan menyembur keluar hingga habis.
Untuk mengatasi hal ini satu satunya cara yaitu melaksanakan investigasi arus listrik dri alternator mobil, kalau ternyata arus listrik tersebut sangat tinggi dari ukuran standar maka sanggup dipastikan bahwa IC regulator nya sudah rusak dan harus sebaiknya dilakukan perbaikan / penggantian dengan yang baru.
Dan untuk problem air aki yang telah habis ini anda sanggup menambahkan cairan Zuur yakni air aki yang berlabel merah ( biasanya airnya berwarna kuning ) kemudian nyalakan kembali mesin kendaraan beroda empat dan lakukan investigasi lanjutan.
Untuk membaca artikel kami yang lain mengenai aki silahkan anda pilih dibawah ini
Nah semoga sedikit goresan pena diatas sanggup memperlihatkan anda pengetahuan perihal aki kendaraan beroda empat yang nantinya sanggup bermanfaat untuk anda .
Atau bahkan anda tidak mengetahuinya sama sekali dan tahu tahu air aki anda sudah habis isinya. Istilah teknis untuk menyebutkan kondisi air aki yang mendidih ini disebut dengan overheating aki.
Lalu apa sih penyebabnya kok sanggup aki kendaraan beroda empat ini datang tiba mendidih ? Penyebab air aki ini mendidih secara datang tiba ini tidak lain ialah dikarenakan adanya tegangan dan arus listrik yang terlalu berlebih yang masuk kedalam aki, dalam hal ini arus listrik yang dihasilkan oleh alternator mobil.
Baca juga : Waspada agresi pencurian velg kendaraan beroda empat merajalela
Seperti yang kita tahu semua bahwa komponen alternator yang ada didalam ruang mesin ini berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik yang nantinya listrik yang dihasilkan oleh komponen alternator ini dipakai untuk mencharger aki mobil, kemudian kemudian dipakai untuk menyuplay seluruh komponen kendaraan beroda empat yang membutuhkan energi listrik menyerupai sistem audio, sistem penerangan / lampu lampu dan juga sistem pembakaran di ruang mesin mobil.
Nah pada sebuah alternator terdapat komponen yang sangat penting yang mempunyai kegunaan untuk mengubah dan menstabilkan arus listrik dari tegangan bolak balik menjadi tegangan searah atau tegangan DC. Jika komponen ini hingga rusak, maka arus listrik yang dihasilkan oleh alternator tidak sanggup distabilkan tegangannya sehingga arus listrik yang masuk kedalam aki menjadi besar dan tak terkendali sehingga menimbulkan air didalam aki menjadi mendidih dan menyembur keluar hingga habis.
Untuk mengatasi hal ini satu satunya cara yaitu melaksanakan investigasi arus listrik dri alternator mobil, kalau ternyata arus listrik tersebut sangat tinggi dari ukuran standar maka sanggup dipastikan bahwa IC regulator nya sudah rusak dan harus sebaiknya dilakukan perbaikan / penggantian dengan yang baru.
Dan untuk problem air aki yang telah habis ini anda sanggup menambahkan cairan Zuur yakni air aki yang berlabel merah ( biasanya airnya berwarna kuning ) kemudian nyalakan kembali mesin kendaraan beroda empat dan lakukan investigasi lanjutan.
Untuk membaca artikel kami yang lain mengenai aki silahkan anda pilih dibawah ini
- Mengenal jenis aki kendaraan beroda empat dan motor terlengkap
- Bisakah aki kering di cas ulang ? ketahui jawabnya disini
- Oleskan grease atau gemuk ke kepala aki apakah elok ?
- Perbedaan aki Maintenance Free ( MF ) dengan aki basah
- Cara pasang aki tanpa perlu di cas terbaru
- Penyebab munculnya kerak putih di kepala aki dan mengatasinya
- Penyebab air aki cepat habis dan mengatasinya
- Bagus mana aki kering VS aki lembap ? Tentukan pilihanmu
- Ketahui standar usia aki mobil
- Tips merawat aki semoga abadi dan tahan lama
Nah semoga sedikit goresan pena diatas sanggup memperlihatkan anda pengetahuan perihal aki kendaraan beroda empat yang nantinya sanggup bermanfaat untuk anda .
Comments
Post a Comment