Pengetahuan dasar sistem AC - dalam edisi kali ini kami akan mencoba untuk menyebarkan rangkuman mengenai ilmu dasar dari sistem AC pada kendaraan roda empat. Bagi anda yang kebetulan mencari artikel mengenai sistem pendingin kabin kendaraan beroda empat ini supaya apa yang dicari ada disini.
Dalam sebuah sistem pendinginan kendaraan beroda empat ini dibagi kedalam dua buah cuilan inti yang diantaranya yaitu komponen elektrikal dan juga komponen mekanikal. Untuk pengertian dari masing masing komponen yaitu sebagai berikut ini.
Fungsi dari komponen ini yaitu untuk menghisap gas freon dari dalam evaporator yang mempunyai tekanan dan temperatur rendah dan kemudian dimampatkan menjadi berbentuk cair yang bertekanan dan bertemperatur tinggi.
Fungsi dari kondensor AC ini yaitu untuk melepaskan suhu panas dari hasil memampatkan gas freon yang menjadi tinggi lantaran tekanan dari kompresor yang mengubah freon dari gas menjadi cair. Letak dari kondenser AC ini berada pada cuilan depan air radiator.
Fungsi dari alat ini yaitu sebagai daerah penampungan sementara freon cair sebelum disalurkan kedalam evaporator. Disebut sebagai drier lantaran dalam komponen ini terdiri dari dua buah cuilan utama yakni filter kasa dan juga silica gel. Filter drier ini mempunyai dua fungsi utama yang diantaranya yaitu untuk menyaring partikel partikel halus yang ada didalam sistem serta menyerap kandungan dari uap air yang ada dalam freon.
Fungsi dari high pressure switch ini yaitu untuk memproteksi komponen AC kendaraan beroda empat dikala adanya tekanan yang melebihi batasan maksimal ( biasanya diatas 450 psi ) yang cara kerjanya yaitu dengan menghentikan ajaran listrik yang menuju kedalam kompressor sehingga kompressor ini akan berhenti bekerja. Beberapa penyebab kenapa terjadi tekanan yang tinggi ini antara lain yaitu : Matinya fan motor AC Terlalu penuhnya Freon didalam kompressor Adanya komponen yang tersumbat didalam sistem AC mobil.
Sedangkan low pressure switch ini memperlihatkan perlindungan terhadap kerusakan kompressor akhir kosongnya gas freon yang mungkin disebabkan oleh kebocoran tekanan. Switch ini akan secara otomatis tetapkan ajaran listrik yang menuju kedalam kompressor sehingga kompressor akan mati.
Fungsi dari komponen ini yaitu untuk memperlihatkan pengkabutan freon kedalam evaporator sehingga gampang menguap dan hawa masbodoh akan terserap kedalam kisi kisi evaporator AC. Dan kemudian hawa masbodoh yang terperangkap didalam kisi kisi evap ini akan dihembuskan oleh sebuah blower yang akan menyebar ke seluruh kabin mobil. Fungsi lain dari expansi valve ini juga memperlihatkan pengaturan terhadap jumlah freon yang akan dialirkan kedalam evaporatorsesuai dengan yang diperlukan.
Bagian terakhir dari proses kerja sistem AC yaitu evaporator, komponen ini mempunyai fungsi untuk menyerap hawa masbodoh dari seluruh proses yang kemudian akan di hembuskan oleh sebuah blower sehingga hawa masbodoh tersebut menyebar keseluruh kabin mobil.
Baca juga : Pengetahuan sistem suspensi pada mobil
Nah bagaimana apakah anda sudah mengetahui beberapa komponen yang ada didalam sistem AC beserta fungsinya ?. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan.
Dalam sebuah sistem pendinginan kendaraan beroda empat ini dibagi kedalam dua buah cuilan inti yang diantaranya yaitu komponen elektrikal dan juga komponen mekanikal. Untuk pengertian dari masing masing komponen yaitu sebagai berikut ini.
1. Komponen mekanikal AC
Komponen mekanikal yaitu seluruh komponen bergerak yang terdapat didalam sistem AC. dan diantara komponen yang termasuk kedalam cuilan mekanikal ini antara lain yaitu evaporator dan blower AC, filter drier, kompressor AC dan juga kondensor AC. Untuk gambar detailnya silahkan lihat dibawah ini.Nama dan fungsi komponen mekanikal AC mobil
Kompressor AC
Fungsi dari komponen ini yaitu untuk menghisap gas freon dari dalam evaporator yang mempunyai tekanan dan temperatur rendah dan kemudian dimampatkan menjadi berbentuk cair yang bertekanan dan bertemperatur tinggi.
Kondensor AC
Fungsi dari kondensor AC ini yaitu untuk melepaskan suhu panas dari hasil memampatkan gas freon yang menjadi tinggi lantaran tekanan dari kompresor yang mengubah freon dari gas menjadi cair. Letak dari kondenser AC ini berada pada cuilan depan air radiator.
Filter Drier
Fungsi dari alat ini yaitu sebagai daerah penampungan sementara freon cair sebelum disalurkan kedalam evaporator. Disebut sebagai drier lantaran dalam komponen ini terdiri dari dua buah cuilan utama yakni filter kasa dan juga silica gel. Filter drier ini mempunyai dua fungsi utama yang diantaranya yaitu untuk menyaring partikel partikel halus yang ada didalam sistem serta menyerap kandungan dari uap air yang ada dalam freon.
High - Low ( Pressure Switch )
Fungsi dari high pressure switch ini yaitu untuk memproteksi komponen AC kendaraan beroda empat dikala adanya tekanan yang melebihi batasan maksimal ( biasanya diatas 450 psi ) yang cara kerjanya yaitu dengan menghentikan ajaran listrik yang menuju kedalam kompressor sehingga kompressor ini akan berhenti bekerja. Beberapa penyebab kenapa terjadi tekanan yang tinggi ini antara lain yaitu : Matinya fan motor AC Terlalu penuhnya Freon didalam kompressor Adanya komponen yang tersumbat didalam sistem AC mobil.
Sedangkan low pressure switch ini memperlihatkan perlindungan terhadap kerusakan kompressor akhir kosongnya gas freon yang mungkin disebabkan oleh kebocoran tekanan. Switch ini akan secara otomatis tetapkan ajaran listrik yang menuju kedalam kompressor sehingga kompressor akan mati.
Expansi valve
Fungsi dari komponen ini yaitu untuk memperlihatkan pengkabutan freon kedalam evaporator sehingga gampang menguap dan hawa masbodoh akan terserap kedalam kisi kisi evaporator AC. Dan kemudian hawa masbodoh yang terperangkap didalam kisi kisi evap ini akan dihembuskan oleh sebuah blower yang akan menyebar ke seluruh kabin mobil. Fungsi lain dari expansi valve ini juga memperlihatkan pengaturan terhadap jumlah freon yang akan dialirkan kedalam evaporatorsesuai dengan yang diperlukan.
Selang dan pipa pipa
Fungsi dari komponen ini hanyalah sebagai penghubung freon keseluruh komponen AC. Pipa ini terbuat dari materi aluminium dan juga karet khusus tahan terhadap materi kimia dan tahan terhadap tekanan tinggi.Evaporator AC
Bagian terakhir dari proses kerja sistem AC yaitu evaporator, komponen ini mempunyai fungsi untuk menyerap hawa masbodoh dari seluruh proses yang kemudian akan di hembuskan oleh sebuah blower sehingga hawa masbodoh tersebut menyebar keseluruh kabin mobil.
2. Komponen elektrikal AC
Adalah komponen yang ada pada sistem pendinginan AC kendaraan beroda empat yang membutuhkan energi listrik untuk sanggup bekerja. Adapun komponen elektrikal AC diantaranya yaitu :- Magnetic clucth
- switch indax atau saklar speed
- Motor fan dan relay
- Termostat /termistor
- Motor blower
- wenstand
- Amplifier ac
Baca juga : Pengetahuan sistem suspensi pada mobil
Nah bagaimana apakah anda sudah mengetahui beberapa komponen yang ada didalam sistem AC beserta fungsinya ?. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan.
Comments
Post a Comment