Mengenal Sistem Kelistrikan Sepeda Motor

Sistem kelistrikan pada sepeda motor - mungkin anda pernah mengalami dilema bohlam lampu sepda motor anda sering kali putus dan harus menggantinya dengan bohlam yang baru, dengan bencana berulang dalam tenggat waktu yang singkat ? biasanya penyebab kenapa bohlam lampu sepeda motor tersebut cepat mengalami kerusakan ialah lantaran adanya dilema pada sistem kelistrikan motor sehingga bisa terjadi hal yang demikian.

Nah untuk mengetahui dilema mana saja yang menyebabkan bohlam lampu motor sering mengalami putus anda juga harus tahu dengan sistem kelistrikan yang ada pada sepeda motor biar bisa melaksanakan tindakan pencegahan biar bohlam motor ini sering putus yang dikarenakan bohlam tersebut mendapatkan tegangan listrik yang terlalu tinggi sehingga filamen lampu eksklusif rusak. Tingginya tegangan listrik yang dihasilkan oleh generator / spull ini selain merusak bohlam juga bisa menciptakan umur aki menjadi pendek lantaran aki mengalami yang namanya overcgarger.

 mungkin anda pernah mengalami dilema bohlam lampu sepda motor anda sering kali putus dan Mengenal Sistem Kelistrikan Sepeda Motor

Mengenal Sistem kelistrikan sepeda motor


Bagi kalian yang masih sedikit awam mengenai sistem kelistrikan yang ada pada sepeda motor, kami akan sedikit menjelaskan secara singkat kepingan sistem kelistrikan yang ada pada sepeda motor sebagai materi pengetahuan kalian.

1. Sepul / generator

Generator atau yang sering dikenal oleh masyarakat awam dengan istilah spull ialah sebuah komponen atau perangkat yang berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik dari hasil mengubah energi gerak / mekanik menjadi energi listrik melalui induksi kumparan coil dan magnet. Energi listrik yang dihasilkan oleh spull ini yaitu arus bolak balik atau AC yang harus di ubah menjadi arus DC atau searah yang selanjutnya digunakan untuk mengisi AKI motor dan juga menyalakan perangkat elektronik motor lainnya menyerupai lampu lampu,CDI, pengapian busi dan lain sebagainya. Untuk mengubah arus AC spull menjadi DC ini diharapkan sebuah komponen regulator yang biasa disebut dengan istilah kiprok oleh para pengguna motor.


 mungkin anda pernah mengalami dilema bohlam lampu sepda motor anda sering kali putus dan Mengenal Sistem Kelistrikan Sepeda Motor

Dengan demikian keberadaan generator atau spull ini pada sebuah kendaraan bermotor sangatlah penting. Oleh lantaran itu anda harus selalu rajin dan rutin melaksanakan perawatan pada komponen generator atau spull ini biar awet. Salah satu cara menjaga biar spull motor ini infinit ialah dengan rajin melaksanakan penggantian oli mesin, atau jangan terlalu memaksakan mesin motor untuk digunakan terus menerus tanpa istirahat meskipun motor kalian diklaim berpengaruh untuk touring jarak jauh. Oli yang sudah jelek viskositasnya akan menyebabkan panas mesin menjadi lebih cepat dan hal ini tentu akan menghipnotis spull motor menjadi terlalu panas dan pada kesudahannya akan terbakar / hangus.

2. Kiprok / regulator

Sistem kelistrikan yang ada pada sepeda motor selain spull yaitu kiprok atau dalam bahasa teknik nya yaitu regulator. Bentuk dari komponen ini tidak mengecewakan mudah menyerupai gambar dibawah ini yang mempunyai fungsi utama untuk mengubah arus bolak balik yang dihasilkan oleh spull menjadi arus searah, yang selanjutnya arus yang telah diubah ini akan digunakan untuk mencharger AKI motor dan menyalurkannya untuk menyuplai kebutuhan listrik menyerupai menyalakan lampu motor, menyalakan busi, mencharger aki dan lain sebagainya. Selain sebagai pengubah arus AC menjadi DC, kiprok juga berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik dari spull.


 mungkin anda pernah mengalami dilema bohlam lampu sepda motor anda sering kali putus dan Mengenal Sistem Kelistrikan Sepeda Motor

Keberadaan kiprok ini juga sangat penting sekali pada kendaraan bermotor roda dua, bila komponen ini hingga rusak maka arus listrik yang dihasilkan oleh spull menjadi tidak terkendali sehingga bisa menciptakan aki menjadi cepat rusak lantaran overcharger dan juga lampu lampu motor, terutama lampu headlamp akan gampang putus. Ciri utama kiprok atau regulator ini bermasalah ialah aki motor gampang tekor bahkan saat anda mengganti aki dengan yang gres juga akan tekor lagi. Selanjutnya jikalau kalian mencoba membetot gas dalam dalam, nyala lampu headlamp yang semula biasa saja menjadi lebih terang dan kesudahannya putus.

3. Aki / baterai

Sistem kelistrikan sepeda motor selanjutnya ialah komponen AKI motor yang mempunyai kegunaan sebagai penyimpan energi listrik berarus DC sementara saat mesin motor dimatikan, yang nantinya energi cadangan ini dimanfaatkan untuk menyalakan sepeda motor dengan switch starter. Selain digunakan untuk menyalakan mesin motor, energi listrik yang ada didalam aki ini juga digunakan untuk menyalakan perangkat lain pada sepeda motor menyerupai lampu lampu, ECU, CDI dan lain sebagainya.

Karena fungsi yang amat penting ini merawat aki yaitu hal wajib yang harus selalu diperhatikan bagi anda para pemilik kendaraan roda dua. Salah satu cara merawat aki motor yang baik ialah tidak memakai perangkat yang bisa menguras energi listrik didalam aki, contohnya dengan memasang klakson bersuara besar, klakson variasi, memasang lampu ber watt lebih tinggi dan selalu perhatikan ketinggian air aki sepeda motor untuk type aki basah. Sedangkan untuk aki type kering atau MF anda tidak perlu repot repot menyelidiki ketinggian air aki lantaran memang aki jenis ini tidak memakai cairan Zuur. Rata rata aki yang berusia 2 hingga 2.5 tahun akan mengalami penurunan kualitasnya dan sebaiknya dilakukan penggantian, namun dengan perawatan yang baik bukan mustahil aki motor yang seharusnya hanya bisa bertahan selama 2 tahu, bisa digunakan hingga 3 hingga 4 tahun lamanya.

Baca juga : Inilah penyebab aki motor anda cepat rusak

4. Kabel bodi kendaraan

Kabel body atau harness yaitu seperangkat kabel yang digunakan didalam sistem kelistrikan sepeda motor. Biasanya motor yang sudah mempunyai usia pakai lama, ketahanan kabel body pada sepeda motor menjadi menurun, untuk menjaga biar kabel body ini tetap mempunyai kinerja yang baik anda juga harus selalu rutin melaksanakan pengecekan, terutama pada kepingan soket soketnya bila terdapat jamur atau kotoran sebaiknya dibersihkan. Begitu juga jikalau anda menemukan adanya kabel body yang kondisinya sudah tidak layak pakai, contohnya mengelupas, kabel getas sebaiknya eksklusif segera lakukan penggantian dengan yang baru. Pastikan juga anda hanya memakai sparepart orisinil atau original dan belilah di dealer resmi, lantaran kualitasnya tentu akan terjamin dan bergaransi walaupun harganya jauh lebih mahal jikalau anda membeli produk aftermarket.

5. Fuse atau sekring

Tak lengkap rasanya jikalau suatu rangkaian kelistrikan tidak terdapat sebuah fuse atau yang sering kita kenal dengan sebutan sekring. Sekring atau fuse ini yaitu sebuah alat pengaman yang ada didunia elektornika/kelistrikan guna mencegah terjadinya kerusakan pada komponen tertentu dalam suatu rangkaian sistem elektronika/kelistrikan. Cara kerja fuse ini pada umumnya yaitu sebagai pemutus arus secara otomatis. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sekring atau fuse silahkan baca goresan pena kami melalui link dibawah ini.

Baca juga : Fungsi dan cara kerja sekring pada motor dan mobil

Nah hingga disini saya rasa sudah cukup untuk klarifikasi dan pengenalan sistem kelistrikan yang ada pada kendaraan bermotor roda dua. Dengan kita mengenal kepingan bagian kelistrikan sepeda motor, tentu akan menciptakan anda lebih paham dan mengerti jikalau ada kerusakan yang terjadi dan sanggup dengan cepat mengambil tindakan yang benar. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan.


Comments