Mengenal Apa Itu Direct Injection Pada Mesin Mobil

Mengenal mesin kendaraan beroda empat direct injection - dari beberapa jenis sistem injeksi yang diaplikasikan kedalam sistem pembakaran mesin mobil, terdapat beberapa jenis yang salah satunya yakni Direct Injection atau injeksi langsung. Dimana pada mesin injeksi jenis direct injection ini ujung nozzle penyemprot materi bakar berada didalam area ruang bakar, sehingga ketika mesin melaksanakan langkah hisap dan kompresi, maka materi bakar kendaraan akan eksklusif disemprotkan kedalam ruang bakar melalui ujung nozzle materi bakar.

Secara umum desain dari mesin direct injection ini hampir sama, hanya saja mungkin perbedaan yang menonjol antara kendaraan beroda empat yang satu dengan yang lainnya yakni posisi atau peletakannya saja.

 dari beberapa jenis sistem injeksi yang diaplikasikan kedalam sistem pembakaran mesin mob Mengenal Apa Itu Direct Injection Pada Mesin Mobil

Direct Injection pada mesin diesel

Untuk cara kerja dari mesin diesel direct injection ini posisi nozzle materi bakar berada sempurna diruang bakar, dan prosesnya yakni ketika piston melaksanakan langkah hisap kemudian kembali melaksanakan kompresi, sebelum derajat pengapian menyentuh titik mati atas ( TMA ) materi bakar solar akan eksklusif disemprotkan kedalam ruang bakar sehingga terjadilah proses pembakaran. Beberapa jenis mesin diesel ada yang menggunakan busi pijar yang sangat berkhasiat untuk membantu menyalakan mesin kendaraan beroda empat sewaktu kondisi mesin dingin, contohnya ketika menyalakan mesin dipagi hari dimana kondisi udara lembab dan dingin, sewaktu udara ini dikompresi tidak menghasilkan cukup panas untuk menyalakan solar, dan disinilah tugas dari busi pijar dimainkan.

Baca juga : Penyebab dan atasi mesin hilang kompresi

Direct Injection pada mesin bensin

Untuk model mesin bensin yang mengaplikasikan sistem Direct Injection ini posisi nozzle materi bakarnya masih sama yakni berada dan menghadap eksklusif ke ruang bakar. Untuk proses kerjanya yakni pada ketika piston melaksanakan langkah hisap maka materi bakar akan eksklusif disemprotkan melalui nozzle kedalam ruang bakar. Baru kemudian ketika piston melaksanakan langkah kompresi, sebelum piston menyentuh titik mati atas busi akan eksklusif memantikkan percikan bunga api yang nantinya memicu terjadinya proses pembakaran didalam ruang bakar.

Setiap teknologi tentu mempunyai kelebihan dan juga diikuti dengan kekurangannya masing masing. Dan dibawah ini ialah beberapa kelebihan serta kekurangan dari mesin Direct Injection.

Keuntungan dari mesin Direct Injection

Mesin kendaraan beroda empat akan lebih cepat hidup atau praktis dinyalakan
Tingkat konsumsi materi bakar lebih efisien atau irit
Efisiensi panas sangat baik mengingat ruang bakar yang diperlukan untuk mesin ini tergolong kecil

Kerugian dari mesin Direct Injection

Suara mesin kendaraan beroda empat sangat kasar, bising dan berisik
Nozzle materi bakar sangat kecil sehingga membuatnya lebih praktis tersumbat bila menggunakan materi bakar berkualitas rendah
Tenaga atau output yang dihasilkan cenderung kecil
Turbulensi yang dihasilkan juga kecil ketika mesin dipacu pada kecepatan rendah

Baca juga : Tips perawatan mesin diesel semoga selalu prima



Comments