Kenapa Sistem Pendingin Kendaraan Beroda Empat Bocor Sesudah Memakai Coolant ?

Penyebab kebocoran sistem radiator kendaraan beroda empat sehabis ganti coolant - menggunakan air khusus radiator atau water coolant memang sangat disarankan, alasannya water coolant mempunyai kelebihan yang banyak dibandingkan air biasa dimana water coolant ini bisa mendinginkan panas mesin lebih cepat dan bahkan tidak gampang membeku didalam suhu ekstrim dibawah nol derajat.

Namun demikian dalam pemakaiannya perlu diperhatikan secara seksama mengingat besarnya duduk kasus yang timbul dikemudian hari jikalau kita sembrono dalam melaksanakan perawatan radiator ini, khususnya duduk kasus cairan pendingin khusus atau coolant.

Penyebab kebocoran sistem radiator kendaraan beroda empat sehabis ganti coolant Kenapa Sistem Pendingin Mobil Bocor Setelah Menggunakan Coolant ?


Baca juga : Fungsi dari tangki air ( reservoir tank ) radiator

Gunakan hanya pada kendaraan beroda empat gres atau kendaraan beroda empat bekas yang semenjak awal menggunakan water coolant.
Yang pertama yaitu gunakan radiator coolant ini hanya pada kendaraan baru, dimana seluruh komponen sistem pendinginnya masih belum tercemar karat. Lalu bagaimana dengan kendaraan beroda empat bekas apakah bisa menggunakan radiator coolant untuk cairan pendinginannya ?

Untuk kasus kendaraan beroda empat bekas anda bisa melihat riwayat servis kendaraan beroda empat yang bersangkutan apakah pemilik sebelumnya selalu menggunakan radiator coolant atau hanya menggunakan air biasa. Bila ternyata pemilik sebelumnya juga menggunakan radiator coolant, kalian bisa memakai cairan khusus radiator. Namun jikalau ternyata pemilik usang lebih sering menggunakan air biasa, sebaiknya kalian tidak menggunakan cairan khusus radiator ini, lantaran dikhawatirkan sistem radiator kendaraan beroda empat akan mengalami kebocoran.

Kenapa sistem radiator bocor sehabis menggunakan coolant ?

Hal ini didasarkan pada kelebihan water coolant yang mempunyai salah satu kelebihan yakni sanggup merontokkan karat yang melekat di seluruh jalur sistem pendinginan mesin. Nah jikalau karat karat yang ada didalam susukan pendingin didalam mesin tergerus oleh water coolant ini, maka secara otomatis lubang tersebut akan membesar dan melebar bahkan bisa menembus lubang susukan oli disampingnya yang selanjutnya akan menciptakan air bercampur dengan oli. Belum lagi nantinya semua karat yang larut didalam cairan radiator ini akan mengendap didalam kisi kisi radiator kendaraan beroda empat sehingga menyebabkan kebuntuan dan pada balasannya bisa terjadi overheating.

Lalu bagaimana jikalau seandainya kita tetap memaksakan ingin menggunakan water coolant radiator untuk radiator kendaraan beroda empat bekas ?. Kalian tetap bisa kok menggunakan cairan khusus radiator ini namun tidak bisa menggunakan secara keseluruhan mengingat cairan ini sangat keras mengikis karat, kalian bisa mencampurkan cairan khusus radiator dengan air mineral biasa dengan perbandingan 1:4, 1 kepingan untuk cairan coolant, dan 4 kepingan untuk air biasa.

Baca juga : Bolehkan radiator coolant dicampur air biasa ?

Nah supaya bermanfaat buat anda, dan jangan lupa untuk dibagikan artikelnya.


Comments