Ini Klarifikasi Kenapa Tanggal Kadaluarsa Sim Sama Dengan Tanggal Lahir

Hubungan tanggal kadaluarsa SIM dan tanggal lahir - mungkin bagi sebagian besar orang masih belum tahu dan bertanya tanya kenapa tanggal kadaluarsa dari Surat Ijin Mengemudi atau SIM sama dengan tanggal lahir kita, padahal kita membuatnya bukan pas pada tanggal tersebut. Nah bagi yang masih ingin tau mengenai misteri korelasi antara tanggal lahir dan tanggal kadaluarsa SIM silahkan disimak dibawah ini.


Penjelasan kenapa kadaluarsa SIM sama dengan tanggal lahir

Bagi sebagian besar orang terlebih bagi mereka yang mempunyai banyak pekerjaan menumpuk atau bahkan sudah tua, akan susah untuk mengingat hari atau momen tertentu menyerupai kapan harus perpanjang SIM, kapan harus perpanjang KTP, kapan harus bayar cicilan utang dan lain sebagainya bukan ? Nah satu satunya hari yang paling di ingat oleh mereka mereka ini kemungkinan terbanyak ialah hari ulang tahun mereka saja.

Hubungan tanggal kadaluarsa SIM dan tanggal lahir Ini Penjelasan Kenapa Tanggal Kadaluarsa SIM Sama Dengan Tanggal Lahir

Baca juga : Penjelasan kenapa sebaiknya mesin dipanasi sebelum dipakai

Yuppss benar saja alasannya ialah saya sendiri pun juga demikian. Dan oleh alasannya ialah hal itu pulalah pihak kepolisian menetapkan bahwa tanggal kadaluarsa disamakan dengan tanggal lahir si pemilik SIM walaupun mereka membuatnya belum atau telah melewati tanggal dan bulan mereka lahir, biar nantinya diperlukan si pemegang SIM akan dengan gampang mengingat kedua momen penting ini yakni hari ulang tahun mereka dan juga hari dimana SIM mereka telah kadaluarsa.

Dengan disamakannya tanggal kadaluarsa SIM dengan tanggal lahir maka diperlukan si pemilik SIM akan selalu ingat dan terhindar yang namanya "telat memperpanjang SIM" dimana menyerupai yang telah dicantumkan dalam peraturan Kapolri Nomor 09 tahun 2012 pasal 28 ayat 3 wacana perpanjangan SIM yang menjelaskan bahwa SIM yang sudah lewat masa aktifnya alias sudah kadaluarsa walaupun lewat 1 hari, maka si pemilik SIM tidak dapat melaksanakan perpanjanga dan HARUS menciptakan SIM baru.

Baca juga : Lakukan hal ini jikalau mesin kendaraan beroda empat mengalami overheat di jalan

Nah bagaimana sudah tahukan misteri dibalik tanggal lahir dan juga masa kadaluarsa SIM kendaraan ? Bila anda ialah calon pengurus SIM gres yang belum pernah melaksanakan pembuatan Surat Ijin Mengemudi alangkah baiknya anda menunggu hari dimana ulang tahun anda tiba, hal ini tidak lain dan tidak bukan ialah biar anda tidak rugi di 5 tahun pertama mempunyai SIM hehehe :).


Comments