Fungsi thermostat cara kerja thermostat / termostat - salah satu komponen yang sangat fital didalam sistem engine cooling atau pendinginan mesin ialah thermostat. Komponen ini ialah berupa katup yang terbuat dari dua buah jenis logam berbeda yang mana jikalau dilalui oleh suhu diatas suhu kerja maka katup ini akan membuka, dan menutup kembali dikala suhu sudah kembali hambar ( kembali ke suhu kerja ).
Hampir niscaya semua kendaraan beroda empat dilengkapi dengan komponen mungil ini untuk menjaga suhu kerja mesin tetap optimal, lantaran jikalau suhu mesin tidak dalam bulat suhu kerja yang derajat suhunya antara 85 hingga 90 derajat celcius akan menciptakan kinerja mesin itu sendiri menjadi tidak bagus.
Dan dikala kendaraan beroda empat digeber dengan kecepatan tinggi akan menciptakan mesin malah pribadi overhead. Selain itu lamanya temperatur kerja mesin yang tidak akan pernah tercapai ini akan mengakibatkan tenaga mesin menjadi loyo serta menciptakan materi bakar menjadi boros. Makara jangan sekali kali anda melepas komponen ini jikalau mengalami overhead ya ?. Cukup anda matikan mesin kendaraan beroda empat kemudian derek ke bengkel terdekat guna mengatasi hal ini.
Setelah temperatur kerja mesin tercapai dan semoga mesin tidak overheating maka katup thermostat ini akan otomatis terbuka dan membebaskan air bersuhu panas didalam blog mesin menuju radiator untuk didinginkan, sedangkan air hambar dari radiator akan dimasukkan kedalam blog mesin guna mendinginkan mesin. Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat gambar dibawah ini.
Baca juga artikel bermanfaat berikut :
Nah itulah tadi artikel mengenai fungsi dan cara kerja dari thermostat pada mobil, semoga bermanfaat dan silahkan jangan lupa untuk dibagikan.
Hampir niscaya semua kendaraan beroda empat dilengkapi dengan komponen mungil ini untuk menjaga suhu kerja mesin tetap optimal, lantaran jikalau suhu mesin tidak dalam bulat suhu kerja yang derajat suhunya antara 85 hingga 90 derajat celcius akan menciptakan kinerja mesin itu sendiri menjadi tidak bagus.
foto by : fandi guritno |
Baca juga : Cara mengatasi sendiri tali kipas suara mencicit biaya murah
Fungsi thermostat pada mesin mobil
Dari uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa fungsi dari thermostat ialah sebagai katup buka dan tutup secara otomatis ( kran air otomatis ) yang mengatur sirkulasi antara air panas yang ada di ruang mesin dengan air hambar yang ada didalam kisi kisi radiator sesuai dengan suhu mesin sehingga temperatur kerja mesin tetap stabil semoga tenaga mesin yang dihasilkan menjadi besar dan yang pastinya mesin kendaraan beroda empat tidak akan overheat.Cara kerja thermostat
Thermostat ini akan bekerja membuka katupnya dikala suhu air pendingin atau water coolant pada mesin sudah mencapai suhu kerja yang besarnya antara 85 hingga 90 derajat celcius. Dan valve thermostat akan menutup kembali dikala suhu mesin sudah menurun.Bahaya jikalau thermostat dilepas / tidak dipasang
Banyak sekali orang yang mengalami overheat dan mendapat saran dari rekan rekan mereka untuk melepas thermostat nya saja semoga tidak overhead lagi. Padahal pernyataan ini ialah salah, dan kesalahan fatal bagi mereka yang tidak tahu menahu justru mengikuti saja saran yang diberikan oleh rekan mereka. Melepas thermostat ini akan menciptakan temperatur kerja mesin menjadi tidak akan tercapai sehingga menciptakan proses pendinginan mesin menjadi berkurang.Dan dikala kendaraan beroda empat digeber dengan kecepatan tinggi akan menciptakan mesin malah pribadi overhead. Selain itu lamanya temperatur kerja mesin yang tidak akan pernah tercapai ini akan mengakibatkan tenaga mesin menjadi loyo serta menciptakan materi bakar menjadi boros. Makara jangan sekali kali anda melepas komponen ini jikalau mengalami overhead ya ?. Cukup anda matikan mesin kendaraan beroda empat kemudian derek ke bengkel terdekat guna mengatasi hal ini.
Baca juga : Bahaya melepas thermostat mesin dapat overheat
Proses Sirkulasi pendinginan mesin
Pada awal mesin dihidupkan maka suhu atau temperatur kerja mesin ini masih rendah lantaran suhunya masih hambar menyerupai suhu ruangan yang besarnya kira kira 23 hingga 25 derajat celcius. Dan air pendingin didalam mesin akan bersirkulasi dengan proteksi pompa air dan terus berputar putar dari mesin melalui selang bypass kemudian ke pompa air begitu seterusnya hingga suhunya benar benar mencapai temperatur kerja.Setelah temperatur kerja mesin tercapai dan semoga mesin tidak overheating maka katup thermostat ini akan otomatis terbuka dan membebaskan air bersuhu panas didalam blog mesin menuju radiator untuk didinginkan, sedangkan air hambar dari radiator akan dimasukkan kedalam blog mesin guna mendinginkan mesin. Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat gambar dibawah ini.
Baca juga artikel bermanfaat berikut :
- Bahaya isi air radiator sembarangan
- Alasan jangan membuka tutup radiator dikala mesin panas
- Tips cara ganti air radiator yang benar
Nah itulah tadi artikel mengenai fungsi dan cara kerja dari thermostat pada mobil, semoga bermanfaat dan silahkan jangan lupa untuk dibagikan.
Comments
Post a Comment