Ciri Alternator Kendaraan Beroda Empat Mengalami Kerusakan

Tanda alternator rusak - memang komponen alternator ini mempunyai fungsi yang sangat amat penting untuk kendaraan sebagai alat pembangkit lstrik ang bisa memenuhi kebutuhan sistem kelistrikan yang ada dalam kendaraan bemotor. Dan jika alternator ini mengalami keusakan maka akan berdampak jelek untuk kendaraan beroda empat anda.

Oleh lantaran itu anda pun dituntut perlu memperhatikan komponen ini biar tidak gampang mengalami kerusakan menyerupai menghindari memasang sistem audio diluar stabdard, memodifikasi lampu lampu dnegan brand variasi yang membutuhkan pasokan daya yang terlalu besar dan lain sebagainya.

 memang komponen alternator ini mempunyai fungsi yang sangat amat penting untuk kendaraan s Ciri Alternator Mobil  Mengalami Kerusakan
source : jcrsupplier.co.uk

Anda juga perlu mengetahui bagaimana ciri ciri alternator yang mulai mengalami kerusakan biar sanggup dengan segera mengambil langkah perbaikan atau penggantian komponen, sehingga tidak merepotkan anda dikemudian hari jika kendaraan beroda empat digunakan untuk perjalanan jauh. Dan dibawah ini yakni beberapa tanda umum alternator mengalami kerusakan yang sanggup anda ketahui.


Berikut yakni gejala Alternator kendaraan beroda empat rusak

  • Lampu indikator pengisian menyala yang mengisyaratkan kepada kita bahwa alternator tidak bisa mengisi AKI. Indikator ini berbentuk simbol menyerupai gambar aki mobil.
  • Aki selalu mengalami tekor walaupun sudah diganti dengan aki baru. Kami juga pernah mengulas artikel mengenai aki selalu tekor sesudah diganti baru.
  • Mobil sering mengalami tidak bisa di starter jawaban baterai atau aki kendaraan beroda empat yang drop lantaran alternator rusak dan tidak bisa lagi melaksanakan pengisian.
  • Ketika di tes memakai alat uji baterry tester menawarkan tegangan dibawah normal pengisian yakni di kisaran 13.5V - 14V.
  • Timbul suara mencicit pada alternator yang disebabkan bearing alternator tersebut sudah mengalami keausan. Bila hal ini dibiarkan putaran alternator menjadi tidak presisi dan bisa menimbulkan seluruh body alternator panas dan bisa menimbulkan kerusakan IC regulator.
  • Aki mengalami over charger jawaban tingginya tegangan out put dari alternator, hal ini ditandai dengan seluruh sel aki menjadi mendidih dan panas dan cairan elektrolit aki menjadi cepat mengering.
  • Terjadinya over charger alternator terhadap aki mobil. Hal ini ditandai dengan kondisi air aki yang sangat cepat habis, dan jika digunakan air aki akan cepat mendidih dan terjadi penguapan yang berlebihan. Mendidihnya air di sel sel aki ini yakni jawaban terlalu besarnya arus yang masuk dari alternator ke aki.
  • Cara lain untuk mengetahui alternator terjadi over charger yakni dengan memanfaatkan alat volmeter, jika diketahui tegangan yang masuk kedalam aki melebihi 15 V maka sudah sanggup dipastikan alternator mengalami over charger dan harus dilakukan.
Baca juga : Fungsi dari relay pada motor atau mobil

Untuk lebih memastikan apakah alternator kendaraan beroda empat anda mengalami kerusakan, silahkan anda baca artikel sebelumnya yang berjudul Cara mengecek alternator yang rusak. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan kepada yang lainnya.


Comments