Berbagai Penyebab Stang Motor Goyang Tidak Stabil

Penyebab stang motor Goyang - Apakah anda pernah ketika berkendara dengan sepeda motor kesayangan kemudian datang tiba setir atau stang motor terasa goyang dan tidak stabil ketika motor digunakan dijalanan lurus dan rata ? kalau iya sebaiknya anda sesegera mungkin mencari tahu penyebab stang sepeda motor teras goyang dan melaksanakan perbaikan, alasannya ialah hal ini sangat beresiko terjadinya kecelakaan tunggal yang tentu sangat membahayakan diri anda sendiri maupun orang lain yang mungkin ada disekitar kalian ketika terjadi kecelakaan.

Untuk alasan penyebab kenapa stang motor ini goyang banyak sekali, dari sekian banyak penyebab ada dua hal yang sanggup menciptakan setir motor anda goyang, yaitu motor pernah digunakan jatuh atau mungkin anda sering berkendara secara ugal ugalan menyerupai melibas jalanan yang berlubang tanpa peduli. Namun untuk memastikan apa penyebab stang sepeda motor menjadi goyang ini ialah dengan melaksanakan pengecekan, beberapa faktor yang sanggup mempengaruhi stang goyang diantaranya ialah sebagai berikut ini.

 Apakah anda pernah ketika berkendara dengan sepeda motor kesayangan kemudian datang tiba setir  Berbagai Penyebab Stang Motor Goyang Tidak Stabil

Baca juga : Waspada ketahui ancaman beli motor STNK tanpa BPKB

Penyebab stang motor tidak stabil dan goyang


1. Cek keadaan ban motor

Hal yang paling pertama yang sanggup kalian lakukan ialah dengan mengecek kondisi ban motor, apakah terdapat kepingan permukaan ban yang tidak rata / bergelombang ataukah tidak. Cobalah putar ban sepeda motor kepingan depan apakah ada kepingan ban yang benjol, kalau ada maka sebaiknya lakukan penggantian ban motor usang dengan ban baru. Benjol pada ban biasanya dikarenakan pengisian angin yang terlalu keras sehingga ketika digunakan menghantam lubang akan menjadi benjol. Maka dari itu pastikan anda mengisi angin ban motor sesuai dengan standar yang berlaku.


2. Cek keadaan velg motor

Pada ketika anda melaksanakan pengecekan ban depan sepeda motor dengan memutar mutarnya, sebaiknya juga lakukan pengecekan terhadap velg sepeda motor, apakah ada kepingan yang bengkok / oleng ataukah tidak. Jika ditemukan adanya bengkok atau bahkan retak di kepingan velg, sebaiknya anda lakukan perbaikan / penyetelan kalau masih sanggup disetel atau diperbaiki, dan kalau tidak sanggup sangat disarankan untuk mengganti velg motor dengan yang baru.


3. Cek bearing roda depan motor

Karena keluhannya ialah stang motor goyang maka investigasi akan kita fokuskan di kaki kaki kepingan depan kendaraan, selain mengusut kondisi ban dan juga velg andapun juga harus mengusut kepingan bearing roda depan. Bearing roda yang sudah aus dan kocak / oblak menciptakan gerakan putaran ban menjadi tidak statis sehingga ketika motor dipacu, putaran ban ini akan bergerak kekiri dan kekanan. Untuk melaksanakan pengecekan bearing motor ini rusak atau tidak ialah dengan jalan menggoyang goyangkan ban depan kearah kiri dan kanan melalui sisi samping. Jika ada gerakan kocak maka lakukan penggantian bearing.


4. Cek Shockbreaker motor

Seringkali para pengguna sepeda motor kurang melaksanakan perawatan di kepingan ini, padahal keberadaan shockbreaker ini sangat penting guna meredam getaran kejut yang diterima oleh roda motor biar tidak merembet ke setir sehingga setir terasa bergetar yang sanggup menciptakan anda jadi capek ketika berkendara. Sepeda motor yang sering digunakan di jalanan bergeronjal dengan kecepatan tinggi akan menciptakan shockbreaker ini menjadi bocor, dan kalau salah satu kepingan shockbreaker ini ada yang rusak / bocor akan menyebabkan setir menjadi goyang, terlebih kalau digunakan belok akan terasa asing dan menyerupai akan jatuh. Kebocoran shockbreaker ini ditandai dengan merembesnya oli pelumas jawaban sudah rusaknya seal oli shockbreaker. Jika anda mendapati motor kalian bocor shockbreakernya sebaiknya dilakukan perbaikan dengan segera.


5. Cek segitiga stang motor

Segitiga stang motor ini terdapat dibagian atas sepeda motor yang mempunyai bentuk segitiga dan terdapat klem penjepit setir motor dan juga memegang shockbreaker. Terkadang disadari atau tidak, sepeda motor yang terjatuh akan menciptakan komponen segitiga ini menjadi bergeser bahkan bengkok, walaupun dalam hitungan milimeter sudah cukup untuk menciptakan setir motor anda menjadi liar, goyang dan tidak stabil. Untuk itu cobalah lakukan investigasi segitiga motor ini, caranya ialah dengan mencopot dudukan segitiga ini dan meletakkannya diatas keramik atau bidang datar lainnya, kemudian perhatikan apakah posisinya rata atau tidak, sanggup juga anda mengeceknya dengan memakai fuller untuk mengetahui kerenggangan antara sisi kiri dan kanan. Jika terbukti bengkok, silahkan bawa segitiga tersebut ke tukang press untuk diperbaiki.


6. Cek komstir sepeda motor

Komstir atau bearing setir ini letaknya ada dibagian poros / sumbu depan kendaraan tepatnya di antara garpu motor dengan rangka / chassis. Fungsi komstir ini ialah untuk mempermudah anda dalam melaksanakan pengendalian arah kendaraan. Komstir ini menyerupai mirip bearing yang terdiri dari mangkuk dan juga bola besi. kalau komponen ini rusak atau oblak maka sanggup menyebabkan pengendalian motor menjadi tidak stabil dan setir akan terasa goyang.

 Apakah anda pernah ketika berkendara dengan sepeda motor kesayangan kemudian datang tiba setir  Berbagai Penyebab Stang Motor Goyang Tidak Stabil

Untuk mengecek apakah komstir ini sudah oblak atau tidak, anda sanggup memarkirkan sepeda motor dengan standar tengah, kemudian silahkan anda jongkok sempurna berada didepan sepeda motor dan goyangkan kedua shockbreaker depan dengan kedua tangan anda maju dan mundur. Jika terasa gerakan menyerupai oblak silahkan lakukan penggantian komstir. Walaupun bergotong-royong komstir yang oblak sanggup disetel namun akhirnya akan tidak maksimal, tidak bertahan usang dan malah menciptakan setir motor keras dan susah dibelokkan.

Baca juga : Penjelasan lampu halogen dilarang disentuh dengan tangan

Nah diatas ialah beberapa hal yang sanggup menyebabkan setang sepeda motor menjadi goyang dan tidak stabil, bagi anda yang gemar dan hobi membongkar sepeda motor sendiri dirumah sanggup mempraktekkan sendiri, namun kalau kalian tidak tahu menahu dan takut melaksanakan kesalahan maka menyerahkan semuanya kepada yang ahlinya tentu jauh lebih baik, silahkan bawa sepeda motor anda ke bengkel resmi terdekat dan ejekan keluhan anda ke kepingan Service Advisor, semoga bermanfaat.


Comments