Apa Yang Harus Dilakukan Kalau Mesin Overheat Di Jalan ?

Yang harus dilakukan saat mesin overheat - Tingginya arus kemacetan di jalan raya di beberapa kota besar di indonesia memang kerap kali terjadi dengan banyak sekali alasan ibarat penerapan sistem buka tutup, pengalihan lajur sampai yang kerap kali menjadi penyebab yaitu terjadinya kecelakaan di jalan raya. Ketika kendaraan beroda empat sedang terjebak macet biasanya mesin tetap dalam keadaan menyala biar AC kendaraan beroda empat tetap sanggup mendinginkan suhu didalam kabin.

Nah bagi pemilik kendaraan beroda empat yang kurang begitu memperhatikan perawatan mobilnya khususnya dalam merawat sistem radiator mobil, sanggup menjadikan mesin kendaraan beroda empat menjadi overheat yang tentu saja sanggup semakin membahayakan komponen mesin bila tetap dipaksakan untuk dijalankan. Lalu apa yang harus dilakukan bila sudah terjadi yang demikian ?

Yang harus dilakukan saat mesin overheat Apa Yang Harus Dilakukan Bila Mesin Overheat Di Jalan ?

#Ketahui penyebab overheat

Dalam sebuah sistem mesin kendaraan beroda empat tidak akan pernah terjadi yang namanya overheat jikalau sang pemiliknya rajin melaksanakan perawatan terhadap kendaraannya, terutama pada belahan sistem pendinginan ibarat penggunaan watercooler khusus, rajin melaksanakan pencucian radiator dan juga memastikan bahwa kips radiatornya menyala normal.

Baca juga : Cara perbaiki kebocoran radiator mobil

#Langkah sempurna saat kendaraan beroda empat terjadi overheat


  • Langkah paling sempurna jikalau terjadi overheat pada kendaraan beroda empat anda yaitu dengan pribadi menepikan kendaraan beroda empat ke pinggir jalan dan segera mematikan mesin kendaraan beroda empat biar temperatur atau suhu mesin turun kembali.
  • Setelah itu langkah selanjutnya yaitu dengan menelepon bengkel servis resmi terdekat dimana kendaraan beroda empat anda sedang overheat biar dilakukan pengecekan lebih lanjut, bila anda sanggup melakukannya sendiri, cobalah cek apakah air radiator bersirkulasi dengan normal ataukah tidak, caranya yaitu dengan membuka tutup radiator saat mesin sudah cuek gres lalu menstarter mesin dan melihat belahan dalam lubang radiator. Bila air radiator tidak terlihat tersirkulasi berarti ada belahan sistem pendinginan yang tersumbat. Jangan lupa juga mengecek apakah kipas radiator terputar atau tidak saat suhu mesin sudah mulai memanas kembali, bila mesin sudah panas namun kipas tidak terputar, sanggup jadi penyebabnya yaitu dari elektrikal radiator fan.


Biasanya bila anda memanggil bengkel servis resmi anda akan ditawarkan derma derek ke bengkel ( biasanya gratis ) yang nantinya akan dilakukan pengecekan secara menyeluruh oleh teknisi jago mengenai penyebab overheat tadi, termasuk estimasi penggantian komponen yang rusak bila ada serta biaya turun setengah mesin jikalau ternyata head cylinder mesin bengkok jawaban dari bencana overheat tadi.

Baca juga : Isi air radiator sembarangan, penyebab sistem pendingin tersumbat dan overheat

Biaya turun setengah mesin sendiri terbilang tidak mengecewakan mahal, belum lagi part atau sparepart ibarat gasket dan lain lain yang perlu diganti. Oleh alasannya yaitu itu rajin rajinlah dalam melaksanakan perawatan kendaraan beroda empat secara menyeluruh, lantaran bila kendaraan beroda empat sudah mulai rusak akan memakan biaya perbaikan yang tidak mengecewakan menguras kantong.


Comments