Waspada mesin overheat - banyak sekali penyebab kenapa mesin kendaraan beroda empat mengalami panas berlebihan atau overheating yang lalu menciptakan mesin kendaraan beroda empat menjadi mogok dan dalam kondisi yang sangat parah mesin kendaraan beroda empat tidak bisa dihidupkan kembali akhir bengkoknya kepala silinder atau cylinder head mesin, sehingga kompresi mesin bocor ( hilang ).
Beberapa hal yang sanggup mensugesti kenapa mesin kendaraan beroda empat mengalami overheat yaitu alasannya adanya kegagalan sistem pendinginan mesin, baik itu alasannya adanya kebocoran pada sistem radiator, terjadi kerusakan pada komponen thermostat, atau adanya kerusakan pada penggalan pompa air alias water pump sehingga proses sirkulasi pendingin terhambat.
Pompa air ini termasuk komponen yang simpel sekali rusak, terutama jikalau anda menggunakan cairan air radiator sembarangan menyerupai menggunakan air sumur atau air yang mengandung materi organik penyebab karat sehingga didalam komponen pompa air ini timbul karat dan merusak kipas pompa air.
Pompa air yang telah berkarat akan menurun kemampuannya dalam mensirkulasikan air pendinginan mesin atau bahkan hilang sama sekali, sehingga resiko mesin kendaraan beroda empat overheat semakin besar. Seperti masalah yang pernah penulis alami sesuai gambar diatas, sebuah pompa air kendaraan beroda empat Isuzu Panther yang telah rusak alasannya karat dan tidak bisa lagi memompa air dengan debit yang seharusnya sehingga mesin pun terjadi overheat.
Untuk artikel lain yang berkaitan dengan sistem pendinginan mesin silahkan baca juga dibawah ini :
Maka dari itu biar tidak terjadi kerusakan pada komponen water pump ini maka lakukan perawatan pada sistem pendinginan mesin dengan sebaik mungkin, terutama untuk cairan pendingin, jangan sekali kali menggunakan air sembarangan. Gunakanlah air khusus radiator biar tidak terjadi karatan didalam jalan masuk sistem pendinginan mesin. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan.
Beberapa hal yang sanggup mensugesti kenapa mesin kendaraan beroda empat mengalami overheat yaitu alasannya adanya kegagalan sistem pendinginan mesin, baik itu alasannya adanya kebocoran pada sistem radiator, terjadi kerusakan pada komponen thermostat, atau adanya kerusakan pada penggalan pompa air alias water pump sehingga proses sirkulasi pendingin terhambat.
Fungsi pompa air didalam mesin mobil
Fungsi utama dari water pump atau pompa air didalam sistem pendinginan mesin ialah sebagai alat pemompa dan mensirkulasikan air panas dari dalam mesin menuju ke radiator, dan juga sebaliknya menghisap air yang telah didinginkan dari dalam radiator dan dimasukkan kedalam mesin biar suhu mesin tetap terjaga dibawah titik didih yang bisa mengakibatkan overheat.Pompa air ini termasuk komponen yang simpel sekali rusak, terutama jikalau anda menggunakan cairan air radiator sembarangan menyerupai menggunakan air sumur atau air yang mengandung materi organik penyebab karat sehingga didalam komponen pompa air ini timbul karat dan merusak kipas pompa air.
Pompa air yang telah berkarat akan menurun kemampuannya dalam mensirkulasikan air pendinginan mesin atau bahkan hilang sama sekali, sehingga resiko mesin kendaraan beroda empat overheat semakin besar. Seperti masalah yang pernah penulis alami sesuai gambar diatas, sebuah pompa air kendaraan beroda empat Isuzu Panther yang telah rusak alasannya karat dan tidak bisa lagi memompa air dengan debit yang seharusnya sehingga mesin pun terjadi overheat.
Untuk artikel lain yang berkaitan dengan sistem pendinginan mesin silahkan baca juga dibawah ini :
- Cara kerja sistem tutup radiator / radiator cap
- Fungsi tangki reservoir cadangan radiator
- Bisnis menggiurkan dari buka bengkel servis radiator mobil
- Tips sederhana merawat radiator biar awet
- Wajib tahu banyak sekali penyebab radiator bisa bocor
- Waspada jangan sekali kali buka tutup radiator ketika mesin masih panas
- Waspada jangan hingga isi air radiator sembarangan
- Tips mengganti cairan radiator mobil
- Penyebab radiator malah bocor sesudah pake water coolant
Maka dari itu biar tidak terjadi kerusakan pada komponen water pump ini maka lakukan perawatan pada sistem pendinginan mesin dengan sebaik mungkin, terutama untuk cairan pendingin, jangan sekali kali menggunakan air sembarangan. Gunakanlah air khusus radiator biar tidak terjadi karatan didalam jalan masuk sistem pendinginan mesin. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan.
Comments
Post a Comment