Pengertian Bore Up Dan Stroke Up

Arti bore up dan stroke up mesin motor - pastinya tiap kendaraan bermotor roda dua sudah didesain sedemikian rupa oleh pabrikan mengenai kapasitas mesin yang biasa dikenal dengan istilah Engine Dispacement dimana kapasitas mesin dalam satuan cetimeter cubic atau cc.

Mengenal apa itu kapasitas mesin

Kapasitas mesin bisa didefinisikan sebagai kemampuan silinder mesin kendaraan dalam menampung adonan dari materi bakar. Contoh simpelnya ialah mesin sebuah motor yang paling sering digunakan ajang drag yakni jagoan FU yang mempunyai kapasitas mesin sebanyak 147cc, yang artinya ialah silinder dari mesin motor jagoan FU tersebut bisa menampung adonan dari materi bakar hingga dengan kapasitas 147cc tadi.


 pastinya tiap kendaraan bermotor roda dua sudah didesain sedemikian rupa oleh pabrikan me Pengertian Bore Up Dan Stroke Up


Mengukur kapasitas mesin motor

Dan kapasitas mesin ini sendiri dipengaruhi oleh dua hal penting, yang pertama ialah diameter piston atau yang biasa dikenal dengan sebuta BORE. Dan yang kedua ialah panjang dari lintasan dikala piston bergerak naik ke titik mati atas ( TMA ) dan turun ke titik mati bawah ( TMB ) yang disebut dengan STROKE. Nah dari kedua hal penting diatas maka anda bisa melaksanakan perhitungan kapasitas dari sebuah mesin motor dengan menggunakan rumus volume silinder. Secara matematis mengukur kapasitas ruang silinder ialah dengan rumus

volume = π x r x r x t
dimana π dibaca phi dengan nilai 22/7 atau 3.14
sedangkan r ialah jari jari silinder
dan t ialah tinggi langkah atau stroke

Contoh kasus, sebuah motor jagoan FU mempunyai spesifikasi mesin bore 62.0 mm  ( jari jarinya jadi 31 mm ) dan mempunyai panjang langkah atau stroke 48.8mm maka tinggal hitung dan masukkan sesuai rumus diatas sehingga akhirnya menyerupai ini.

 pastinya tiap kendaraan bermotor roda dua sudah didesain sedemikian rupa oleh pabrikan me Pengertian Bore Up Dan Stroke Up


= π x r x r x t
= 3.14 x 31 x 31 x 48.8
= 147.255 dan dibulatkan menjadi 147,3 cc

Agar lebih gampang dalam menghitung disarankan eksklusif menggunakan kalkulator supaya tidak pusing bin njlimet ya. Dan dari sini anda tentunya akan tahu bahwa kapasitas dari sebuah mesin ini ditetukan oleh stroke dan juga bore sehingga kalau kalian menginginkan kapasitas mesinnya bertambah maka perlu melaksanakan perubahan salah satu yakni menaikkan bore ( bore up ) atau menaikkan stroke ( stroke up ) atau bahkan mengganti kedua duanya sekaligus ( bore up stroke up ).

Penjelasan singkat mengenai bore up dan stroke up


Pengertian Bore Up

Arti dari bore up ialah menaikkan diameter piston dari yang semula kecil menjadi lebih besar. Beberapa pabrikan motor ada yang menyediakan piston khusus pengganti yang original bawaan dengan ukuran yang lebih besar lagi yang biasa disebut dengan istilah piston oversize yang mempunyai kenaikan nilai bore maksimal 0.3 mm saja. Dan beberapa pabrikan lain tidak menyediakan komponen oversize ini sehingga kalau kalian ingin melaksanakan bore up harus menggunakan suku cadang motor lain. Seperti misalnya ialah mesin dari Satria FU alasannya ialah oleh pabrik tidak disediakan part oversize, kalau ingin melaksanakan bore up harus menggunakan piston motor lain menyerupai piston milik CBR 150 yang mempunyai bore 63,5 mm, atau piston Yamaha Scorpio yang mempunyai bore 70 mm.

Contoh kapasitas mesin jagoan FU yang telah dinaikkan menggunakan piston dari CBR 150 yang semula hanya berkapasitas 147.3 cc menjadi 154.5 cc ( naik 7.2cc ) :

3.14 x 31.75 x 31.75 x 48.8 = 154.46 cc dan dibulatkan menjadi 154.5 cc


Pengertian Stroke Up

Arti dari Stroke Up ialah menaikkan panjang langkah piston dari yang semula bernilai pendek menjadi sedikit lebih panjang yang sanggup dilakukan dengan melaksanakan perubahan posisi Big End atau poros engkol piston yang ada di kruk as sehingga jarak langkah piston menjadi bertambah jauh, Baik jarak piston ke TMA semakin tinggi dan juga jarak piston ke TMB semakin turun. Kaprikornus kalau cuma merubah con rod atau stang piston dengan ukuran yang lebih panjang saja tidak bisa merubah stroke mesin.

Untuk melaksanakan stroke up ini juga bisa anda lakukan dengan beberapa cara dibawah ini.


  1. Dengan jalan memotong dan menggeser posisi poros big end con rod lebih jauh dari posisi kruk as.
  2. Dengan memasakn pen stroker produk after market, atau
  3. Dengan memasang kruk as utuh dari mesin motor lain ( swap stroke ).


Untuk jarak geser poros big en ini sebaiknya jangan terlalu ekstrim, geser sejauh 4 hingga 5 mili meter saja sudah cukup.

 pastinya tiap kendaraan bermotor roda dua sudah didesain sedemikian rupa oleh pabrikan me Pengertian Bore Up Dan Stroke Up

Untuk rekomendari stroke up yang penulis sarankan semuanya sama, asal pengerjaannya teliti dan presisi akhirnya juga sama sama memuaskan.

Khusus untuk ukuran pen stroke biasanya hanya ditulis Upping atau naiknya saja, sebagai referensi sebuah pen stroker aftermarket brand LHK diberi label LHK 3mm yang artinya kalau anda menggunakan pen stroker ini, maka langkah piston akan bertambah naik 3 mm dan juga akan bertambah turun sejauh 3mm sehingga total naik dan turun menjadi 6 mm. Contoh penggunaan pen stroker pada jagoan yang menggunakan pen stroker 3mm ialah sebagai berikut :

Diketahui stroke awal = 48.8 mm menggunakan stroker 3 mm menjadi 54.8 mm sehingga kapasitas mesin berubah menjadi

= π x r x r x t
= 3.14 x 31 x 31 x 54.8
= 165.36 dan dibulatkan menjadi 165 cc

Hasil menggunakan stroker 3 mm kapasitas mesin yang semula hanya 147.3 cc bermetamorfosis 165 cc.

Lebih manis melaksanakan Bore Up atau Stroke Up ?

Untuk pilihan terbaik dalam meningkatkan kapasitas mesin apakah baiknya di bore up atau di stroke up ialah tergantung kebutuhan anda masing masing. Teori nya ialah dibawah ini.

Melakukan bore up atau memperlebar diameter piston akan menambah tenaga atau power mesin terkhusus untuk putaran atas, sedangkan untuk putaran bawah akhirnya melempem sehingga bore up ini cocok digunakan untuk motor yang akan digunakan berkelahi balap jarak jauh.

Sedangkan melaksanakan stroke up atau mengubah langkah piston akan menciptakan kompresi mesin menjadi lebih padat. Hasilnya ialah torsi dari mesin motor akan bertambah sehingga efeknya mesin terasa sangat bertenaga di putaran bawah sedangkan di putaran atas akan melempem. Sehingga melaksanakan stroke up ini sangat cocok diaplikasikan ke motor yang akan digunakan untuk berkelahi balap jarak pendek menyerupai drag dimana tarikan mesin di putaran bawah akan eksklusif mak nyuttt.

Diatas hanyalah sebuah teori saja, untuk hasil di lapangan bisa saja berbeda khususnya kalau anda melaksanakan bore up dan juga stroke up secara bersamaan. Mungkin hingga disini dulu klarifikasi mengenai pengertian dari bore up dan juga stroke up. Semoga bermanfaat. Untuk mencari artikel ini silahkan gunakan kata yang menyerupai mirip dibawah ini

arti bore up, cara melaksanakan bore up, tips bore up mesin, langkah melaksanakan bore up, kelebihan bore up, kekurangan bore up, arti stroke up, cara melaksanakan stroke up, tips melaksanakan stroke up, kelebihan stroke up, kekurangan stroke up

Berbagai sumber



Comments